Kadinkes Novarita Bahas KEhamilan dan Persalinan dimasa Pandemi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Banyak ibu hamil yang ingin melahirkan di masa pandemi Covid-19 memiliki kecemasan. Di antaranya kekhawatiran takut terpapar Covid-19, ataupun tidak mendapat layanan maksimal sewaktu proses melahirkan.

Ibu hamil asal Krukut, Limo, Ningsih mengaku, belakangan ini dirinya sangat khawatir jika tidak mendapatkan perawatan dan pelayanan maksimal ketika melahirkan di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, dia seringkali mendapat informasi ada ibu hamil yang ingin melahirkan kesulitan mendapat rumah sakit.

“Tidak lebih dari satu bulan lagi kan saya melahirkan, saat ini jadi khawatir, karena RS juga penuh sama pasien Covid-19,” tutur Ningsih kepada Radar Depok, Minggu (11/7).

Dia mengaku merasa khawatir karena kemungkinan besar dirinya akan melahirkan secara operasi caesar. Sedangkan selama ini dia berkonsultasi dengan bidan. “Kalau bidan kan tidak bisa ambil tindakan operasi, jadi harus dirujuk ke RS. Tapi dilema takut susah mencari RS,” ungkapnya.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, bagi para ibu hamil diharapkan menjaga protokol kesehatan (prokes) agar tidak terpapar Covid-19. “Jika memang ada ibu hamil yang ingin melahirkan, dan terpapar Covid-19 bisa lapor ke puskesmas. Kalau perkiraan lahir normal maka puskesmas bisa menangani,” tutur Novarita.

Namun, bagi ibu hamil yang ingin melakukan operasi caesar menurutnya butuh kesiapan, seperti ruang operasi, Sumber Daya Manusia (SDM)-nya, serta ruang ICU. “Karena takutnya setelah operasi ada kegawatan, makanya jika mau operasi dokter pastikan ada ICUnya,” jelasnya.

Novarita menyarankan kepada ibu hamil untuk sesering mungkin melakukan konsultasi dengan dokter ataupun bidan yang menanganinya, via daring ataupun secara langsung jika memungkinkan. “Janjian sama dokternya kalau memang mau operasi caesar. Agar dokternya juga bisa antisipasi jika ibu hamil terpapar Covid-19, bisa menggunakan APD level 3, dan lainnya,” tambahnya.

Dia menyebut, RS di Kota Depok bisa melayani pasien melahirkan (ibu hamil yang ingin melahirkan). “Jangan risau, jangan dibawa stres, prokes dijaga. Yang terpenting konsultasi terus dengan dokter yang memeriksanya,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR