banos
BANTUAN: Distribusi BST Tahap Ketiga dan Keempat di Kantor Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, beberapa waktu lalu. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok kini sedang memverifikasi ulang data Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bantuan Sosial (Bansos). Bansos yang diberikan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, akan diberikan setelah data penerimanya diajukan ke Kementerian Sosial (Kemensos).

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi data, yang nantinya akan diberikan kepada Kemensos. “Sampai akhir bulan ini (Juli) akan ada verifikasi atau pengecekkan ulang, sebelum nama atau data tersebut diberikan ke Kemensos,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Rabu (7/7).

Dia menjelaskan, tidak bisa memastikan dan menjawab terkait kapan cairnya bantuan dari Kemensos. Sebab, Dinsos Kota Depok hanya bertugas mengirimkan data masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 untuk mendapat bantuan. “Kami hanya ditugaskan untuk memperbaiki data, sampai akhir bulan,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan hal yang sama, saat ini Kemensos masih minta perbaikan data seluruh Indonesia. “Tidak hanya Depok, tapi seluruh Indonesia. Kemensos meminta perbaikan data sampai dengan 31 Juli 2021,” tuturnya.

Dia menyebut, perbaikan data yang dilakukan meliputi verifikasi Nomer Induk Kependudukan (NIK), kelayakan, serta data lainnya. Saat ditanya kepastian terkait pencairan bantuan Kemensos, dirinya juga tidak bisa memastikan kapan waktunya. “Kalau bulan ini masih perbaikan data, bulan ini belum cair, logikanya begitu,” tambahnya.

Kiki membeberkan, yang bertugas melakukan verifikasi data saat ini adalah unsur-unsur TKSK, fasilitator, pendamping BPNT/PKH, serta kelurahan yang berkoordinasi dengan Dinsos Kota Depok.

“Tapi, yang jelas. Mereka yang sudah mendapatkan bantuan per bulannya tidak lagi dapat bantuan yang baru ini (BST). Dan yang nanti kami ajukan ke Kemensos, belum tentu semuanya diterima. Banyak yang dilihat kelayakannya,” pungkasnya.(dis/rd)

Tentang BST Kemensos :

Yang Dilakukan Dinsos:

  • Verifikasi ulang data untuk diberikan Kemensos

Waktu Verifikasi Data:

  • Sampai dengan 31 Juli 2021

Kapan Cairnya BST:

  • Belum bisa dipastikan
  • Belum ada di Juli

Yang Diverifikasi:

  • NIK
  • Kelayakan
  • Data lainnya

Yang Melakukan Verifikasi:

  • Dinsos bekerjasama dengan (Unsur TKS, Fasilitator, Pendamping BPNT/PK, Kelurahan)

Jumlah Penerima BST per Februari 2021:

  • 159.470 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar