periksa hewan kurban
PEMERIKSAAN: Salah satu petugas DKP3 saat melakukan pemeriksaan dan pengecekkan hewan kurban, di salah satu lapak penjual hewan kurban, Rabu (7/7). IST

RADARDEPOK.COM – Lapak hewan yang tersebar di Kota Depok siap-siap kena pemeriksaan. Saat ini, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, sedang mengecek dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di lapangan.

Kepala DKP3 Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, pengecekan dan pengawasan dari DKP3 merupakan salah satu persiapan yang dilakukan DKP3, menjelang Hari Raya Idul Adha atau pemotongan hewan kurban.

“Pengawasan lalu linta hewan tetap dilakukan, untuk hewan yg keluar masuk kota Depok harus dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (8/7).

Lebih lanjut, dia menuturkan, DKP3 hanya memiliki sebanyak sembilan orang petugas pemeriksa hewan kurban. Dia berharap, semoga lapak hewan kurban bisa lebih tersentralisasi, sehingga memudahkan pemeriksaan. “Jika berdasarkan data tahun kemarin (2020) ada sebanyak 357 lapak,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan, saat ini petugas DKP3 masih melakukan pemeriksaan di lapak-lapak hewan kurban. “Petugas mulai melakukan pemeriksaan sejak H-15 sampai dengan H+3, yang artinya baru dua hari ini dijalankan,” tuturnya.

Menurut dia, saat ini terkait naik turunnya berapa banyak hewan kurban yang masuk ke Kota Depok belum bisa direkap dan dievaluasi. “Nanti mungkin setelah selesai tahapan pemeriksaan di lapak, baru bisa dijelaskan naik atau turun dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, berdasarkan data yang ada, pada 2020 jumlah hewan kurban yang masuk ke Kota Depok mengalami penurunan sekitar enam persen. “Dari 2019 ke 2020 mengalami penurunan, belum tahu tahun ini,” jelasnya.

Penurunan yang ada, menurutnya bisa jadi dikarenakan adanya pandemi Covid-19. “Iya bisa jadi karena kondisi ekonomi,” pungkasnya.(dis/rd)

Persiapan DKP3 Jelang Pemotongan Kurban :

Yang Sedang Dilakukan DKP3:

  • Melakukan pemeriksaan dan pengecekkan hewan kurban di lapak

Jadwal Pengecekkan dan Pemeriksaan Hewan Kurban:

  • H-15 sampai H+3 Idul Adha

Total Lapak Per Tahun 2020:

  • 357 lapak

Total Petugas Pengecekkan dan Pemeriksaan Hewan Kurban:

  • 9 petugas

Persentase Hewan Kurban yang Masuk ke Depok Tahun 2020:

  • Mengalami penurunan 6 persen dari 2019

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar