eksapnsi
Ilustrasi : Perlombaan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diselenggarakan Pemerintah Kota Depok, 2020. Ist

RADARDEPOK.COM – Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada Jumat (23/7) menjadi sorotan di tengah situasi pandemi Covid-19. Terlebih, kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat anak-anak harus berdiam diri di rumah. Demi mengisi kegiatan, Forum Anak (FA) Kota Depok bersama Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) menggelar Ekspresi Anak Indonesia (Ekspansi).

Ketua Pelaksana Lomba Ekspansi, Muhamad Zien Zidan Basroil menjelaskan, pelaksanaan lomba ini dilatarbelakangi kekhawatiran terbatasnya ruang anak-anak, untuk mengekspresikan diri dan melahirkan inovasi serta kreativitas. “Lomba ini sudah berjalan dari 2018. Dan di tahun ini, mengingat situasi masih pandemi kami melaksanakannya melalui virtual,” terangnya kepada Harian Radar Depok, Rabu (21/7).

Agenda kali ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu individu dan kelompok. Setiap peserta yang mendaftar dapat bebas mengekspresikan diri melalui bernyanyi, menari, membaca puisi, mendongeng, dan lain-lain. “Tema umumnya seni untuk mengasah bakat anak-anak Kota Depok. Untuk pendaftaran kategori kelompok diperpanjang sampai hari ini. Jadi, masih ada waktu untuk teman-teman semua,” ucapnya.

Adapun, baik kategori individu maupun kelompok. Wajib untuk mengisi Google Form yang telah disediakan panitia, melampirkan foto bebas, jelas, dan sopan. Disamping itu, ada syarat serta ketentuan yang harus dipatuhi.

“Diantaranya peserta lomba berdomisili di Kota Depok berusia 7 sampai 13 tahun untuk katagori individu, dan 13-17 tahun untuk katagori kelompok. Peserta membuat video potensi dan bakat berdurasi maksimal tujuh menit dalam bentuk IGTV di Instagram yang diunggah ke dalam feeds,” tuturnya.

Sedangkan, pada kategori kelompok, satu kelompok beranggotakan tiga hingga lima peserta. Kemudian, Untuk technical meeting dijadwalkan pada 23 Juli, penyerahan video 3 Agustus, penjurian 7 sampai 9 Agustus, dan pengumuman penenang 16 Agustus.

“Bagi yang belum faham terkait lombanya, bisa menanyakan juga ke narahubung. Untuk ketagori individu ada Dwiayu di nomor 0877-8862-7504, narahubung untuk katagori kelompok ada Aulya di nomor 088-1565-7626 atau bisa cek IG kita di Forum Anak Kota Depok untuk informasi lebih lengkapnya,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah hadiah bagi pemenang lomba. Juara 1 untuk katagori individu dan kelompok mendapatkan hadiah sebesar Rp5.000.000 dan sertifikat , juara 2 Rp4.000.000 dan sertifikat, serta juara 3 Rp3.000.000 dan sertifikat.

Terpisah, Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessy Anissa Handari mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan FA Kota Depok ini, agar menimbulkan inovasi dan kreasi anak-anak Kota Depok. “Memang pada saat PJJ, anak-anak tidak boleh keluar rumah dan harus di rumah. Kami menganggap ketika anak-anak di rumah bukan berarti tidak bisa berkreasi. Makanya kemudian DPAPMK mengajak FA Kota Depok mengadakan lomba yang harapkan bisa memunculkan kreasi juga potensi,” ucapnya.

Nantinya, bagi pemenang lomba Ekspansi ini, akan mendapat kesempatan untuk diundang kembali di kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Depok. “Nanti biasanya dilibatkan mereka pada kegiatan kami pada momen tertentu. Kecuali kalau misalnya ada lomba atau event tingkat provinsi Jawa Barat, pasti diikut sertakan mewakili Kota Depok,” tandasnya. (daf/rd)

Jurnalis : Daffa Syaifullah 

Editor : Fahmi Akbar