Penyekatan Kendaraan di Jalan Kartini Margonda
ALIHKAN KENDARAAN: Petugas gabungan mengalihkan kendaraan yang melintas di pertigaan Jalan Boulevard GDC-Jalan Kartini, yang akan menuju Jakarta, Selasa (6/7). FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sejak diterapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Sabtu (3/7) hingga Selasa (6/7), ribuan kendaraan yang akan menuju DKI Jakarta dialihkan petugas di pos penyekatan Jalan Raya Margonda, Kota Depok.

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP serta Dinas Perhubungan turut ambil bagian dalam penertiban kendaraan di PPKM Darurat ini.

Kabagops Polres Metro Depok, AKBP Ojo Ruslani menyebutkan, sejak 3 hingga 6 Juli pihaknya sudah mengalihkan arus ribuan kendaraan yang akan menuju Jakarta. “Jadi istilahnya bukan putar balik, tapi kami alihkan supaya gak lewat Jalan Raya Margonda,” kata AKBP Ojo, Selasa (6/7).

AKBP Ojo mengungkapkan, di sepanjang Jalan Margonda Raya pihaknya menempatkan empat titik penyekatan. Pertama, di tanjakan Grand Depok City (GDC), kemudian di pertigaan Jalan Dewi Sartika Jalan Kartini menuju Margonda, lalu 100 meter sebelum Fly Over Universitas Indonesia, dan di Jalan Akses UI menuju tanjakan UI.

“Setiap titik penyekatan dijaga masing-masing 30 personel gabungan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan penyekatan mempunyai jam operasional sendiri. Untuk pagi dimulai pukul 07.00-10.00 WIB, dan malam pukul 19.00-21.00 WIB. “Setelah selesai penyekatan malam, dilanjut dengan operasi yustisi yang dilakukan di wilayah penyekatan masing-masing anggota,” tegasnya.

Selain di Margonda, petugas gabungan juga melakukan penyekatan kendaraan di Jalan Kartini tepat dipertigaan Jalan Boulevard GDC. Pada Selasa (6/7) puluhan mobil dan ratusan kendaraan bermotor dialihkan petugas.

Salah satu petugas dari Satlantas Polres Metro Depok, Iptu Sucipto menerangkan aktivitas penyekatan telah di mulai pukul 08.00 WIB, sehingga ada ratusan kendaraan yang diputar balik. “Kalau arah Jakarta kami alihkan jalannya melalui Jalan Raya Bogor, kalau keperluan mendesak kami persilakan jalan dengan alasan dan bukti yang jelas,” tegas Iptu Sucipto, Selasa (6/7).

Ia menerangkan, penyekatan jalan GDC melibatkan semua unsur serta lapisan masyarakat. Pantauan Radar Depok, sempat terjadi kemacetan di Jalan Citayam menuju Jalan Kartini. Bagi pemotor yang hendak ke Jakarta untuk memutar jalan melalui Jalan Raya Bogor, lalu bagi pengendara yang ingin ke Jalan Margonda Raya serta wilayah Depok untuk memilih jalur alternatif.

“Ada beberapa kendaraan yang lewat karena darurat, ada pasien sakit, ambulans pasien, hingga mobil jenazah,” pungkasnya. (rd/dra/arn)

 

Jurnalis: Indra Abertnego, Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR