prokes kurban mekarsari
PANTAU : Penyembelihan hewan kurban, di Masjid Jami Al Ittihad RW 13 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Rabu (21/07). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, MEKARSARI – Masjid Jami Al Ittihad di RW 13, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis memotong hewan kurban sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokes) dan memiliki pembuangan limbah khusus, agar tidak mencemari lingkungan.

Ketua RW 13 Mekarsari, Siswadi menerangkan, warga yang dilibatkan dalam panitiaan dipilih yang kondisi sehat.

“Disini baik prokes ataupun pembuangan limbahnya semua sudah dirancang, sehingga tidak dibuang sembarangan dan tidak mencemari lingkungan, dan dari beberapa tahun memang sudah ada tempat untuk limbahnya,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (21/07).

Bahkan, Masjid Jami Al Ittihad pernah mendapat kategori salah satu masjid yang baik dalam penerapan prokes saat pelaksanaan ibadah.

“Untuk Prokes memang tidak usah diragukan, kami dapat sertifikat dari Kota Depok untuk pelaksanaan ibadah yang menerapkan prokes sesuai anjuran,” tuturnya.

Dirinya juga menyebutkan, pelaksanaan di RW 13 ini memang bisa menjadi contoh agar tidak menyebabkan kerumanan saat proses pemotongan.

“Semua pagar kami tutup rapat, sehingga tidak ada warga ataupun anak-anak yang menyaksikan. Hanya ada tim saja yang bekerja,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DKM Masjid Jami Al Ittihad, Suwarno menjelaskan, hari ini dilaksanakan penyembelihan 15 ekor sapi dan 40 ekor kambing yang bekerjasama dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cakung.

“Kami bekerjasama dengan RPH Cakung, meraka ada 20 orang yang datang kesini dan sudah ahli untuk melakukan penyembelihan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan antusias masyarakat untuk berkurban dan berbagi masih tinggi. Terbukti, walaupun dimasa pandemi masih bisa melaksanakan kurban dengan jumlah yang lumayan.

“Walaupun ada penurunan dari jumlah tahun-tahun sebelumnya, tetapi kami melihat antusias masyarakat masih sangat luar biasa,” ungkapnya.

Sementara, Camat Cimanggis, Abdul Rahman yang hadir ke lokasi memberikan apresiasi atas cara penyembelihan yang dilaksanakan di RW 13 Mekarsari.

“Semua sangat teratur, apalagi memang mereka memiliki pembuangan limbah sendiri, tentunya ini sangat baik dan saya sangat mengapresiasi. Bahkan ini bisa dicontoh lingkungan lainnya,” jelasnya.

Abra sapaannya berharap, agar seluruh masjid atau lingkungan yang melaksanakan penyembelihan dapat mentaatin prokes sesuai yang dianjurkan pemerintah.

“Kami berharap, lingkungan lainnya pun dapat menjalankan pemotomgan kurban sesuai syariat dan mematuhi seluruh prokes yang ada,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya