brisbane australia
Brisbane, Australia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

RADARDEPOK.COM – Indonesia gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Dimana pemungutan suara yang dilakukan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Tokyo, Jepang, Rabu (21/07), Brisbane, Australia menjadi calon tunggal yang masih mendapat dukungan Future Host Commission IOC untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Indonesia yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, hanya mendapatkan status preferred host seperti yang diraih Brisbane sejak Februari 2021.

Dalam proses bidding tuan rumah Olimpiade baru yang diterapkan IOC sejak 2019, ada beberapa langkah yang harus dilalui calon tuan rumah dalam dialog bersama Future Host Commission IOC.

“Ini adalah hari bersejarah tidak hanya untuk Brisbane dan Queensland, tetapi untuk seluruh negara. Hanya kota-kota global yang dapat mengamankan Olimpiade, jadi ini adalah pengakuan yang tepat untuk posisi Brisbane di seluruh kawasan kami dan dunia,” ucap Perdana Menteri Scott Morrison dikutip dari Reuters.

Australia untuk kali ketiga terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade setelah Melbourne pada 1956 dan Sydney pada 2000. Australia menyamai rekor Amerika Serikat yang mampu menggelar Olimpiade di tiga kota berbeda: St. Louis (1904), Los Angeles (1932, 1984, 2028), dan Atlanta (1996).

Selain Indonesia, Brisbane juga mengalahkan Budapest (Hungaria), China, Doha (Qatar) dan Ruhr (Jerman) dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

“Olimpiade di Brisbane akan berada di tangan (penyelenggara) yang paling rajin, bersyukur, dan antusias. Saya membuat komitmen ini untuk para atlet dunia, kami akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan,” ujar Ketua Komite Olimpiade Australia John Coates, yang merupakan Wakil Presiden IOC.

Olimpiade 2024 akan digelar di Paris, Prancis, dan Olimpiade 2028 di Los Angeles, Amerika Serikat. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya