jakarta stres
Jakarta termasuk 10 besar negara tingkat stres tertinggi.

RADARDEPOK.COM – Jakarta yang berstatus sebagai ibu kota, tentunya menjadi nadi bagi pusat dari segala aktivitas masyarakat, baik warga asli maupun pendatang. Kondisi kota yang padat dan segalanya berjalan serba cepat, membuat penghuninya lekat dengan masalah stres.

Berdasarkan tabel “Indeks Kota-kota Paling Bikin Stres 2021” yang disusun Vaay, produsen minyak esensial dan suplemen CBD yang berbasis di Berlin, seperti dilansir Tatler, Jakarta pun masuk ke dalam daftar sebagai kota yang paling bikin stres di dunia.

Adapun, pemeringkatan kota-kota ini dilihat dari 16 indikator. Di antaranya faktor struktural hingga lingkungan termasuk keselamatan, tingkat pengangguran, polusi udara, kepadatan, jaminan sosial, kesehatan mental, akses kesehatan, hingga kebijakan penanganan virus Korona (Covid-19) dan masih banyak lagi.

Dengan indikator tersebut, peneliti menyeleksi lebih dari 500 kota di dunia. Hasilnya ada 100 kota yang masing-masing diberi peringkat dalam skala dari yang paling memberikan tekanan sampai yang paling tidak membuat stres.

“Tujuan kami dengan studi ini adalah untuk menunjukkan apa yang dapat dicapai kota bagi warganya melalui tata kelola yang efektif, kebijakan lingkungan yang kuat, dan sistem kesejahteraan sosial yang memiliki sumber daya yang baik,” kata Finn Age Hänsel, salah satu pendiri Vaay.

Berikut daftar 10 besar kota paling bikin stres di dunia tahun 2021 menurut studi yang dikeluarkan Vaay.

91. Kiev, Ukrania (42,8)

92. Jakarta, Indonesia (41,8)

93. Karachi, Pakistan (36,6)

94. Moscow, Rusia (36,1)

95. Kabul, Afghanistan (34,3)

96. Baghdad, Irak (31,7)

97. New Delhi, India (31,5)

98. Manila, Filipina (29,4)

99. Lagos, Nigeria (19,9)

100. Mumbai, India (1)

 

Editor  Pebri Mulya