KBBI indonesia bertambah
Ilustrasi KBBI.

RADARDEPOK.COM – Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) melakukan pembaharuan perbendaharaan kata. Ada lebih dari seribu entri baru yang masuk ke dalam KBBI edisi terbaru.

Menariknya, dari banyaknya entri baru yang dimasukkan ke dalam KBBI, banyak kata-kata gaul yang selama ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa disadari, kebiasaan menggunakan media sosial secara tidak langsung memperkenalkan kita akan kosakata-kosakata baru.

Kata-kata yang masuk dalam pemutakhiran KBBI, biasanya kata-kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan kosakata lama maupun yang sudah mengalami pergeseran makna.

Sebagai tambahan informasi, KBBI memang secara rutin melakukan pembaharuan dan memasukkan sejumlah daftar kata baru.

Berikut beberapa kata ‘gaul’ yang masuk KBBI :

1. Mager

Mager adalah singkatan dari ‘males gerak’. Istilah ini digunakan untuk orang yang hanya ingin bersantai saja. Menurut KBBI, mager adalah enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

2. Pansos

Pansos adalah istilah yang merupakan singkatan dari ‘panjat sosial’. Istilah ini sering digunakan untuk orang-orang mencari ketenaran lewat orang yang sudah lebih dulu terkenal. Menurut KBBI, pansos adalah usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial.

3. Alay

Nah, sebutan alay ini juga ramai lho dikatakan atau ditulis di media sosial. Biasanya alay mengindikasikan seseorang yang secara penampilan berlebihan dan identik dengan gaya atau warna rambut serta penampilan tertentu. Menurut KBBI, alay adalah anak layangan, gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian.

4. Julid

Anda pasti sering mendengar atau membaca seseorang menyebabkan ‘netizen julid’. Di KBBI, julid diartikan sebagai iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain, biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu.

5. Baper

Baper awalnya adalah singkatan dari terbawa perasaan. Hal ini menggambarkan bagi seseorang yang terlalu terbawa perasaan dalam menanggapi hal apapun. Dan menurut KBBI, baper adalah (ter)bawa perasaan, berlebihan atau terlalu sensitif dalam menanggapi suatu hal.

6. Cie

Biasanya untuk menggoda orang lain, seseorang akan mengatakan cie. Sesuai dengan KBBI, cie adalah kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu.

7. Mengegas

Bila di KBBI sebelumnya mengegas diartikan sebagai menekan gas pada kendaraan, kini mengegas juga bisa diartikan sebagai berbicara dengan suara keras (karena kesal atau marah).

8. Ambyar

Perhatian bagi kalian para sobat ambyar, kini ambyar sudah resmi masuk KBBI. Ambyar berarti bercerai-berai, berpisah-pisah, tidak terkonsentrasi lagi.

9. Kicep

Kondisi di mana seseorang tak lagi bisa melawan atau membalas sesuatu biasanya disebut sebagai kicep. Nah, menurut KBBI kicep adalah diam karena takut atau gelisah. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya