kosim depok
VAKSINASI: Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Isro Mikroj saat meninjau kegiatan serbuan vaksinasi di Yayasan Qutubul Amin, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Sawangan, Selasa (6/7). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Kodim 0508 Depok menggelar kegiatan serbuan vaksinasi di Yayasan Qutubul Amin, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Sawangan, pada Selasa (6/7). Upaya Kodim ini sebagai bentuk membantu percepatan vaksinasi kepada masyarakat Indonesia dan Kota Depok.

Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Isro Mikroj mengatakan, kegiatan serbuan vaksinasi pada kali ini dilakukan dalam rangka percepatan vaksinasi bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kota Depok, agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Hari ini (Kemarin) dilaksanakan serentak di dua tempat. Satu tempat di sini dan satu lagi di Markas Kodim 0508 Depok,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Selasa (6/7).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, target vaksinasi di kedua tempat tersebut adalah sebanyak 1.000 sasaran. Dengan rincian, 500 di Markas Kodim 0508 Depok dan 500 lagi di Yayasan Qutubul Amin. “Yang sudah terdata atau masuk ke dalam kuota di sini sudah 500 atau full. Saat ini tinggal proses registrasi, skrining, dan vaksinasi,” jelasnya.

Sebelumnya, pendaftaran vaksinasi diatur oleh Danramil dengan membagikan kupon vaksinasi melalui Babinsa dan ada yang work thru. “Sasarannya bisa untuk seluruh masyarakat Deook. Tidak hanya untuk masyarakat sekitar saja. Untuk pelayanan vaksin sendiri kami sudah mulai sejak pukul 08.00 WIB,” bebernya.

Dia menambahkan, program serbuan vaksinasi sudah berjalan sejak tiga minggu lalu. Yang harapannya bisa beroindah ke kelurahan lain. “Namun, tidak semuanya bisa memenuhi standar prokes, kami sedang mencari tempat yang mudah dijangkau warga juga,” ucapnya.

Dia berharap, semoga program serbuan vaksinasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa mempercepat vaksinasi di Indonesia, khususnya wilayah Kota Depok.

Sementara, Lurah Duren Seribu, Suhendar sangat mengapresiasi kegiatan serbuan vaksinasi yang diadakan pada hari ini. “Saya sangat apresiasi. Jika dilihat, masyarakat juga sangat antusias dalam mengikuti program vaksinasi ini,” ucapnya.

Terpisah, Warga RW01 Kelurahan Duren Seribu, Sumiyati mengatakan, dirinya sengaja datang sejak pagi agar bisa segera mendapat vaksinasi. Setelah mendapatkan vaksinasi tidak mendapatkan efek yang signifikan terhadap tubuhnya. “Setelah selesai di vaksin dengan jenis Sinovac, tidak ada efek yang gimana-gimana. Hanya pegal sedikit, menurut saya wajar,” tuturnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, vaksinasi massal tersebut juga melibatkan Puskesmas setempat. Termasuk, Ikatan Bidan Indonesia (IBI)  Kota Depok.

“Kami bersama Kodim 0508/Depok menggelar vaksinasi  massal untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin Covid-19,” tuturnya kepada  berita.depok.go.id, Selasa (06/07/21).

Umi menambahkan, sasaran pemberian vaksinasi massal tersebut sebanyak 500 peserta setiap hari. Adapun sasarannya masyarakat umum berusia di atas 18 tahun.

“Pemberian dosis pertama ini, kami targetkan 500 peserta per hari dengan menggunakan vaksin Sinovac. Pendaftaran dilakukan melalui Babinsa setempat,” tandasnya.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar