Melita Ardelia Peserta JKN-KIS
TUNJUKKAN KARTU: Peserta JKN-KIS, Melita Ardelia, seorang siswi pada sebuah Sekolah Menengah Atas di Kota Depok. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kesadaran masyarakat terhadap perlunya memiliki jaminan proteksi diri kian meningkat. Terbukti dari banyaknya masyarakat yang merasa lebih aman dengan menjadi peserta JKN-KIS. Tidak hanya orang dewasa, para pelajar yang masih muda atau remaja pun merasakannya. Salah satunya yaitu Melita Ardelia, seorang siswi pada sebuah sekolah menengah atas di Kota Depok.

Melita pun dengan senang hati berbagi pandangannya seputar Program JKN-KIS. Melita mengungkapkan bahwa menjadi peserta JKN-KIS merupakan sebuah keharusan pada saat sekarang ini. Menurutnya kondisi kesehatan tidak dapat diprediksi. Terutama pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Untuk itu, sangat penting memiliki Kartu JKN-KIS sebagai jaminan perlindungan diri.

“Pandemi Covid-19 saat ini, sangat rentan mempengaruhi kondisi kesehatan. Jadi sangat penting untuk melindungi diri. Kita harus melindungi diri selagi sehat, jadi nanti pada saat ingin berobat tidak mengalami kendala dan bisa segera mendapatkannya. Saya sendiri sudah pernah merasakannya. Saya sudah dua kali berobat menggunakan Kartu JKN-KIS,” ujar Melita, Rabu (28/04).

Lebih lanjut, Melisa mengungkapkan bahwa berdasarkan pengalamannya, berobat menggunakan kartu JKN-KIS sangatlah bagus. Proses pengurusan administrasinya pun tidak ribet. Sehingga ia pun merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

“Dengan terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, orang tua saya tidak dipusingkan lagi untuk memikirkan masalah kesehatan saya. Saya juga merasa senang karena tidak merepotkan orang tua saya lagi. Bahkan sejak terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, saya merasa semakin aman menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk saat ke sekolah untuk menuntut ilmu,” ujar Melita.

Di akhir pertemuannya, Melita menaruh harapannya kepada Program JKN-KIS agar terus berbenah ke arah yang semakin baik. Menurutnya, BPJS Kesehatan perlu menghadirkan lebih banyak inovasi yang berorientasi pada kemudahan peserta untuk memperoleh pelayanan khususnya saat berobat penting untuk diperbanyak. Selain itu, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk melayani peserta JKN-KIS perlu untuk ditambah, sehingga antrean untuk berobat di fasilitas kesehatan yang selama ini menjadi permasalahan dapat terselesaikan. (DT/mr)