boks metro lulu 1
INSPIRATIF : Awal kegiatan Rimbun di taman Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Kebon Pala Kampung Sawah, Halim Jakarta Timur saat sebelum pandemi Covid-19. IST

RADARDEPOK.COM – Komunitas Ruang Ilmu Bertumbuh Mandiri (Rimbun) yang bergerak di bidang literasi ini, sejak didirikan pada 19 September 2015 semakin berkembang dan masih terus eksis hingga sekarang.

Laporan : Lutviatul Fauziah

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kini anak-anak usia sekolah mulai meninggalkan kebiasaan yang dulu seperti senang menulis ataupun membaca. Semua terpaku pada gadget yang dimilikinya. Bahkan, sampai tak bisa lepas setiap harinya.

Zubair, pria 35 tahun ini akhirnya mendirikan Komunitas Rimbun. Tidak hanya perubahan hobi anak-anak. Hal ini juga di dasari karena dia sangat ingin bermanfaat untuk anak-anak. Terlebih, awalnya anak satu-satunya mendapat kekerasan di lingkungan bermainnya saat tinggal di Halim. Itulah yang menjadikan tujuan Rimbun hadir di tengah-tengah anak-anak.

Sudah sekitar 15 tahun Zubair malang melintang di dunia pendidikan, sehingga dia sudah paham betul karakteristik dan kesukaan anak-anak muridnya. Rimbun berupaya untuk dapat memberikan ruang untuk anak-anak, baik literasi, kreasi, eksplorasi dan inklusi (anak-anak berkebutuhan khusus). Awalnya Komunitas Rimbun berdiri sejak 19 September 2015 di daerah Halim. Awal kegiatannya, Rimbun selalu hadir taman terbuka yang ada di Jakarta yaitu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

“Kurang lebih sudah 10 taman yang kami kunjungi dengan program kegiatan yang berbeda-beda. Seperti FunSains, AlJabarCamp, Sabtu Seru, hingga petualangan di Taman,” ucap pria yang berlatar bekalang sebagai guru di salah satu sekolah swasta ini.

Kesemua kegiatan Rimbun tidak lepas dari 4 pilar ruang bagi anak, yaitu Literasi, Inklusi, Kreasi dan Eksplorasi (LIKE). Namun akhirnya, sejak 2019 lokasinya pindah ke Depok di wilayah RT 6/7 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Dan melanjutkan kegiatan yang sudah ada, dengan kembali menghadirkan ruang untuk anak-anak di Kota Depok.

Dia sangat senang, karena di Kota Depok setiap kegiatan yang diadakan sangat disambut baik. Mulai dari perpustakaan yang dibuatnya, ataupun kegiatan belajar lainnya untuk anak-anak. Sudah banyak kegiatan yang dilakukan Komunitas Rimbun ini, dan anak-anak sangat gembira mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan.(bersambung)

Editor : Fahmi Akbar