rimbun 2
INOVATIF : Komunitas Rimbun saat melakukan program 1 buku 1 rumah yang digagasnya selama masa pandemi. IST

RADARDEPOK.COM – Selama pandemi Covid-19 menyerang sejak Maret 2020 lalu, membuat banyak aktivitas terhambat. Tentunya kegiatan yang diadakan Komunitas Rimbun pun merasakan dampaknya hingga kini.

Laporan : Lutviatul Fauziah

Perpusatakaan untuk anak-anak yang Zubair buat pun terpaksa harus beroperasi menyesuaikan dengan aturan yang ada. Sedih sudah pasti dia rasakan, karena banyak program yang sudah dirancang dan harus diurungkan. Padahal, begitu banyak kegiatan inspiratif yang menjadikan anak semakin gemar membaca buku. Salah satunya kegiatan 1 book 1 song yang digagas oleh tim Komunitas Rimbun ini.

1 book 1 song merupakan program stimulus peningkatan minta baca, dimana anak-anak akan diminta membaca satu buku sambil mendengarkan lagu. Ayah satu orang anak ini sangat bersyukur, karena program yang digagasnya tersebut menjadi kegiatan yang dinanti anak-anak.

Anak-anak membaca di temani lagu ataupun musik, yang membuat mereka semakin rileks dan terhanyut mendengarkan irama sekaligus dengan buku yang dibacanya. Sebelum pandemi, mulai dari usia pra-membaca hingga SMP aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Zubair dan teman-teman.

Tak diduga, Maret 2020 virus kecik tak kasat mata menghantui semua lapisan masyarakat. Laki-laki berperawakan kurus ini bersama teman-temannya harus mencari cara, agar minat membaca anak-anak tidak tergerus saat situasi seperti sekarang.

Akhirnya, digagaslah program 1 buku 1 pintu, yang merupakan program di masa pandemi Covid-19. Banyak anak-anak tidak dapat beraktifitas belajar pada umumnya. Ada yang tidak memiliki telpon genggam, sehingga anak-anak hanya merasakan libur panjang di rumah tanpa adanya pembelajaran. “Inilah salah satu yang melatarbelakangi kami membuat program 1 buku 1 pintu,” jelas pria berusia 35 tahun ini.

Ini pula diharapkan bisa menjadi pengobat rindu bagi anak-anak agar terus meningkatkan literasi dari rumah. Buku-buku yang diberikan kesetiap rumah bisa saling bertukar agar mereka bisa saling berinteraksi akan buku-buku yang dibacanya, tanpa harus keluar jauh dari rumah.

Berbagai cara pun dilakukan, agar anak-anak di sekelilingnya meningkatkan minat membaca. Karena baginya belajar bersama anak-anak sebuah kegiatan yang selalu memberikan keceriaan, dan tak bisa didapatkan ditempat lain. (bersambung)

Editor : Fahmi Akbar