IPA dan IPS

RADARDEPOK.COM – Benar kah anak IPA lebih pintar dari anak IPS?  Buat kalian yang sekarang duduk di bangku SMA, pasti tau dengan istilah “penjurusan” yang umumnya dibagi menjadi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Tentang penjurusan, kalian pasti sering denger fenomena ganjil dalam dunia pendidikan kita, dimana jurusan IPS dinilai lebih inferior dibandingkan jurusan IPA. Bahkan kalau dibedah, kedua jurusan ini punya banyak banget mitos.

1: Jurusan IPA lebih superior dan bergengsi daripada jurusan IPS

Stereotype yang beredar di masyarakat ini membentuk stigma bahwa anak-anak yang nilai akademiknya bagus harus masuk IPA, sedangkan mereka yang kurang secara akademik masuknya IPS. Hingga ada anak yang sebenernya suka pelajaran IPS, tapi gak mau dicap “anak kurang rajin” akhirnya terpaksa masuk IPA.

Padahal, baik IPA atau IPS sebetulnya sama-sama membutuhkan kompetensi yang berbeda-beda dan setiap pelajar bisa jadi bener-bener jago di bidangnya masing-masing.

2. Anak IPA itu emang udah seharusnya lebih jago matematika daripada anak IPS

Miskonsepsi ini sebetulnya salah satu yang paling parah, bahkan di terjadi di kalangan guru sekalipun. Kalian tau nggak sih kalo sebetulnya matematika ini bukanlah cabang dari bidang IPA (natural science), dan bukan juga IPS (social science)? Yap, matematika itu ilmu murni yang bersifat abstrak dan bisa berdiri sendiri tanpa sokongan ilmu-ilmu lain. Jadi, baik IPA atau IPS harus sama-sama menguasain matematika.

3: Anak IPA kuat di hitungan, IPS lebih kuat di hafalan

Ini adalah salah satu stereotype yang dari dulu sampe sekarang awet banget nempelnya di masyarakat. Seolah-olah tingkat kecerdasan siswa itu cuma dibagi jadi dua tolak ukur doang: hitungan dan hafalan.

Padahal, kalau dipikir-pikir, justru jurusan IPS yang butuh banget kemampuan hitungan, misalnya di pelajaran Akuntansi.

4. Anak IPA bisa masuk semua jurusan kuliah, anak IPS cuma bisa soshum

Anggapan yang satu ini memang ada benarnya juga sih, tapi coba kalian tengok lagi, banyak juga kan anak-anak yang lintas jurusan pas daftar kuliah lewat UTBK. Tinggal seberapa niat aja kalian belajar dan ngehadapin persaingan untuk mendapatkan jurusan di universitas tersebut.

Jadi seharusnya nih, baik jurusan IPA maupun IPS ya kembali pada kompetisi yang fair dan sejajar sebagai sesama intelektual muda untuk bisa mendapatkan jurusan kuliah dan universitas yang diinginkan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya