Nakes dan BEM UI Vaksinasi
JALANI VAKSINASI: Pelaksanaan vaksinasi mahasiswa Universitas Indonesia Tahap II. FOTO: UI FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah Universitas Indonesia (UI) menyelesaikan tahap pertama pemberian vaksinasi gratis bagi mahasiswa pada 21-23 Juli 2021, maka UI melanjutkan kegiatan yang sama untuk tahap kedua pada Rabu-Jumat, 28-30 Juli 2021. Kegiatan ini diselenggarkan di Klinik Satelit UI Makara, Kampus UI Depok, pada pukul 09.00 -15.00 WIB dan terbuka bagi umum.

Pelaksanaan pemberian vaksin bagi mahasiswa dan masyarakat ini, tidak hanya melibatkan para tenaga kesehatan dari Klinik Satelit UI Makara, namun juga para mahasiswa.

“Sebanyak 83 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI ikut berpartisipasi sebagai relawan untuk membantu lancarnya proses vaksinasi. Mereka membantu mengarahkan para peserta untuk mengikuti setiap tahap yang ada dalam proses vaksinasi. Kami juga menyediakan fasilitas Bus Kuning bagi para mahasiswa yang ingin menuju lokasi klinik,” ungkap Kepala Klinik Satelit UI Makara, Dr. dr. Dhanasari Vidiawati Sanyoto.

Relawan mahasiswa diperbantukan dalam setiap tahap, seperti melakukan input data peserta pada tahap registrasi, edukasi peserta, sampai mengarahkan para peserta ke tahapan proses berikutnya dalam rangkaian proses vaksinasi. Relawan ini berasal dari Departemen Sosial Masyarakat dan Departemen Advokasi Mahasiswa BEM UI.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan angkatan 2019, Amirul Anwar yang mengikuti proses vaksinasi mengatakan bahwa keberadaan para relawan ini sangat membantu dirinya dalam melaksanakan proses vaksinasi.

“Mereka cukup ramah dalam menjaga suasana kondusif selama proses vaksinasi berlangsung. Saya juga mengapresiasi sekali UI membuka sentra vaksinasi bagi mahasiswanya, karena mahasiswa yang masih di Depok yang berasal dari luar daerah tidak perlu jauh-jauh mencari tempat vaksinasi. Apalagi disediakan bus kuning, itu sangat membantu sekali,” ujarnya.

Pelaksanaan sentra vaksinasi tahap kedua ini terselenggara atas kerja sama dari berbagai pihak, seperti Direktorat Kemahasiswaan UI, Direktorat Kerja Sama UI, Rumah Sakit Universitas Indonesia, BEM UI, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), dan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

“Selain alumni, kami juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan juga Dinas Kesehatan Kota Depok dalam hal penyediaan vaksin,” ujar Direktur Kerjasama UI, Dr. Toto Pranoto.

Rencananya kegiatan sentra vaksin mahasiswa ini akan diperluas untuk masyarakat umum pada Agustus dan dilaksanakan di Sarana Olahraga UI, Kampus Depok.  (rd/gun/**)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR