ilustrasi kumur air

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Layanan tes PCR Kumur yang dipercaya mempunyai tingkat akurasi sampai 98 persen untuk mendeteksi virus Korona (Covid-19), kini ada di Jakarta.

Tes PCR Kumur digelar oleh GSI Lab bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero) dan NusanticsĀ serta sudah dibuka sejak Jumat (2/7).

“Berdasarkan hasil pengujian di laboratorium klinik nasional, akurasinya 93-98% ya kak (sama dengan swab/colok naso dan orofaring),” tulis GSI dikutip dari Instagram resminya @gsilab.id, Sabtu (3/7).

GSI mengatakan, tes PCR kumur akan memberikan rasa nyaman dan aman tanpa perlu memasukkan alat ke hidung dan tenggorokan. Selain itu tes ini juga bisa diberikan pada anak usia di atas 3 tahun.

Untuk anak-anak diatas 3 tahun juga bisa ya Bund,” tulisnya.

Dalam unggahan Instagram GSI dijelaskan, tata cara tes PCR Kumur melalui empat tahap.

Pertama, orang yang akan menjalani tes diminta menarik nafas dan batuk keras.

Lalu, orang itu diminta memasukan cairan khusus ke dalam mulut. Cairan itu harus dikumur-kumur sebanyak tiga kali. Setelah itu, ludah yang sudah tercampur cairan dimasukkan keĀ dalam satu wadah.

Terakhir, cairan di wadah itu akan dipindahkan ke tube lain.

Ada dua titik yang menyediakan tes kumur itu yakni di GSI Lab Cilandak yang beralamat di Jl. RA Kartini Nomor 34, Cilandak, Jakarta, serta di GSI Lab Sintesa Kuningan yang beralamat di Jl. Setiabudi Selatan No.17, Lapangan Parkir Menara Duta.

Biaya tes PCR kumur dihargai Rp799 ribu per orang. Hasil tes keluar di hari yang sama jika tes dilakukan sebelum pukul 12.30 WIB. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya