Penutupan Sementara PN Depok
PELAYANAN DITUTUP: Petugas Keamanan Pengadilan Negeri Depok ketika menutup pintu gerbang utama kantor PN Depok, di kawasan Boulevard GDC. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masyarakat para pencari keadilan wajib mengetahui operasional Pengadilan Negeri (PN) Depok. Pasalnya, pelayanan pada PN Depok akan ditutup kegiatan operasional tersebut sampai 20 Juli.

Humas PN Depok, Ahmad Fadil menerangkan bahwa keputusan ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 1 tahun 2021, tentang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung sejak 3 hingga 20 Juli mendatang.

“Kebijakan ini juga menjadi maklumat Ketua PN Depok. Selama PPKM Darurat pelayanan ditiadakan sementara,” terangnya kepada Radar Depok, (12/07).

Fadil menjelaskan, selama pemberlakuan ini diterapkan, pelayanan satu pintu PN Depok ditiadakan sampai waktu yang telah ditentukan, yaitu tanggal 21 Juli mendatang.

Lalu, pendaftaran perkara gugatan dan permohonan dapat melalui Ecort yaitu layanan online milik PN Depok. Namun seluruhnya akan diverifikasi pada tanggal 21 Juli, saat pelayanan PN Depok kembali normal.

“Ini dilakukan tentu mencegah dan menekan angka penyebaran. Terlebih Kota Depok saat ini sedang tinggi kasus positifnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pelayanan maksimal juga terus diberikan PN. Kata Fadil, bagi masyarakat yang ingin pelayanan hukum pidana bisa menghubungi petugas PN yang akan menginformasikan. Begitupun juga pelayanan hukum perdata, petugas juga sudah bersiap untuk melayani masyarakat.

“Tapi pelayanannya sebatas by phone ya. Setelah pelayanan normal kembali, akan kami tindak lanjuti,” tandas Fadil. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR