duren mekar pemuda
PARTISIPASI : Pemuda di Kelurahan Duren Mekar, sedang melakukan penyemprotan disinfektan ke lingkungan warga. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DUREN MEKAR – Pemuda di Kelurahan Duren Mekar, kompak membantu pemerintah memberantas virus Korona (Covid-19). Kekompakan mereka ditunjukkan dengan kegiatan penyemprotan disinfektan. 

Ketua Karang Taruna (Katar) Kelurahan Duren Mekar, Aden Pajar Bahari mengatakan, seluruh kelompok pemuda yang ada di wilayahnya kompak turun ke jalan untuk melakukan penyemprotan disinfektan. 

“Kami merasa terpanggil untuk membantu penanganan Covid-19 ini dengan kemampuan kami. Karena kita tidak bisa hanya berpangku tangan menonton pemerintah berjuang melawan wabah ini,” kata Aden, Jumat (16/07). 

Dia mengungkapkan, dalam penyemprotan ini ada beberapa organisasi atau kelompok pemuda yang terlibat, diantaranya Katar, IRH, HIPDA, IRMA, IPPNA. Keterlibatan pemuda ini mempermudah proses penyemprotan disinfektan.

“Kami lakukan penyemprotan serentak di 11 RW yang ada di Kelurahan Duren Mekar,” tuturnya. 

Dia menjelaskan, selain pemuda dalam kegiatan ini mereka juga didukung lurah dan Binmas, serta Babinsa setempat. 

“Anggota Katar menyemprotkan disinfektan ke masing masing rumah warga di setiap RW yang sedang isolasi. Sedangkan sisanya, menyemprotkan disinfektan di jalan lingkungan dan rumah yang ada di sekitarnya,” bebernya. 

Dia menuturkan, selain untuk membantu pencegahan Covid-19, kegiatan ini juga dilakukan sebagai peringatan hari jadi ke-22 Kelurahan Duren Mekar. 

“Harusnya kita mau aksi di tanggal 20 Juli ini, bertepatan dengan hari jadi kelurahan. Tapi karena Duren Mekar masuk zona merah, pelaksanaan kegiatan kami percepat,” terangnya. 

Dia menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi donatur yang membantu pelaksanaan kegiatan ini, mulai dari sumbangan disinfektan, peralatan penyemprotan, hingga operasional kegiatan. 

“Kami berterimakasih kepada Qonita dan Camat Bojongsari, Dede Hidayat yang sudah membantu dan mendukung kegiatan kami, serta tentunya lurah Sahal,” imbuhnya. 

Sementara itu, Lurah Duren Mekar, Muhamad Sahal mengaku bangga akan kegiatan yang dilakukan pemuda di wilayahnya dalam mencegah Covid-19. 

“Saya mengapresiasi mereka, bahkan saya ikut mendukung dengan tenaga mapun materi untuk kegiatan mereka,” ujar Sahal. 

Menurutnya, kehadiran pemuda di Duren Mekar sangat mempunyai peran penting dalam pembangunan wilayah, khususnya penanggulangan wabah ini. 

“Untuk menekan penyebaran Covid -19 harus melibatkan semua unsur termasuk unsur pemuda. Saya bersyukur dan bangga dengan  Katar serta kelompok pemuda di Duren Mekar Dumek yang mau ambil bagian turut berpartisipasi melawan Covid – 19,” pungkansya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya