TK Muawanatul Islamiyah
PENJELASAN: Gedung Taman Kanak-kanak Muawanatul Islamiyah yang terletak di Jalan Tugu, Kecamatan Cimanggis. FOTO: PUTRI DESCA ALI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pada awal masa pandemi 2020 banyak sekali orang tua yang tidak mendaftarkan anaknya ke sekolah Taman Kanak-kanak (TK), dengan alasan khawatir biaya yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia.

Kepala TK Muawanatul Islamiyah, Siti Fauziah menyebutkan, pada pendidikan anak usia dini mereka belajar berinteraksi dengan teman maupun guru. Di sisi lain mereka belum wajib membaca, tetapi dikenalkan huruf dan angka.

“Apa yang mereka pelajari mengandung edukasi, bagaimana dia mengenal dirinya dan lingkungannya,” ungkap Siti kepada Radar Depok.

Kemudian pendidikan yang diperoleh, di antaranya motorik kasar seperti melompat, menendang, dan melempar. Lalu ada juga motorik halus, di antaranya melatih otot jari berkoordinasi dengan mata, seperti kegiatan menjepit, merobek, dan mengupas.

“Tahapan ini penting, ketika ke jenjang Sekolah Dasar (SD) mereka lebih siap dan matang.  Itulah pentingnya ijazah TK untuk masuk SD,” terangnya.

Ia berharap, orang tua siswa peka terhadap pendidikan sejak dini, untuk mencerdaskan motorik anak. (rd/mg1)

 

Jurnalis: Putri Desca

Editor: M. Agung HR