provost berprestasi
PRESTASI : Bamin Provos Batalyon B Resimen III Paspelopor, Bripka Ahmad Nadhif, bersama istrinya raih berbagai kejuaran Taekwondo. FOTO : ISTIMEWA

Provos adalah salah satu fungsi di kesatuan yang sangat banyak berperan dalam penanganan permasalahan di dalam tubuh internal Polri. Fungsi dan peranannya dalam membantu pengawasan dan penindakan pimpinan sangat berpengaruh terhadap kinerja anggota Polri, baik di kantor maupun di lapangan.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Setiap ada permasalahan anggota Polri pasti provos akan turun tangan melakukan investigasi dan memproses setiap kesalahan yang di lakukan anggota Polri, sehingga biasa sering di sebut provos adalah polisinya polisi.

Selain memiliki disiplin yang tinggi, juga harus diimbangi dengan pengetahuan hukum yang lebih serta kemampuan yang harus diatas rata-rata.

Anggota yang bukan Provos sehingga mampu menjadi contoh dan bisa menjadi panutan sehingga disegani oleh anggota polri yang lainya.

Bamin Provos Batalyon B Resimen III Paspelopor, Bripka Ahmad Nadhif, adalah salah satu dari sekian banyak anggota Provos di Korps Brimob Polri pada yang saat ini selain sibuk mempersiapkan tesisnya, juga menyempatkan diri untuk melatih olah kanuraganya, serta menjaga stamina fisiknya dengan latihan beladiri Tekwondo.

Selain melatih anak-anak di lingkunganya, diusianya yang sudah menginjak 44 tahun, Ahmad masih mampu menorehkan beberapa prestasi bersama istri dan anak-anaknya.

Walau di masa pandemi saat ini, karena baginya olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga fisik, stamina sekaligus menyalurkan bakat guna meraih prestasi.

Bersama Istrinya, yang saat ini juga sudah menyandang sabuk Hitam DAN 4 Kukkiwon beda 1 tingkat dengan dirinya yang sudah duluan menyandang sabuk Hitam DAN 5 Kukkiwon sejak tahun 2017 lalu.

Ada beberapa kejuaraan baik di tingkat nasional hingga internasional yang telah dia ikuti dengan hasil yang cukup membanggakan. Diantaranya Kejuaraan BIHA Internasioal Poomsae dan Speed Kick, pada 11 – 12  April 2021 secara oline.

Dalam pertandingan ini Bripka Ahmad Nadhif turun di kelas Master kategori pair atau Berpasangan bersama istrinya Mita Meirianti. Mereka berhasil meraih medali emas.

Sedangkan putranya Muhammad Anas meraih juara 2, dan putri bungusnya juga meraih Juara 1 di kategori Pra Kadet atau Pelajar usia 8 – 10 tahun.

Selanjutnya, kejuaraan Maluku Open Poomsae dan Speed Kick tingkat nasional, pada 24 – 25  April 2021 secara online. Dalam pertandingan ini dirinya turun di kelas Master U 50 Tahun, kategori individual putra berhasil meraih medali emas.

Sedangkan istrinya di kategori Master U 40 tahun individual putri di partai final berhasil mengalahkan Sabeum Lita Atlet andalan tuan rumah seorang persit istri dari Letkol. Inf. Farid Yuda P. DANDIM 1305/BT Pattimura Ambon.

Dan putranya Muhammad Anas meraih juara 3 di kategori Kadet atau Pelajar usia 11 – 13 tahun, sedangka putri bungusnya juga meraih Juara 3 di kategori Pra Kadet atau Pelajar usia 8 – 10 tahun.

Dan yang cukup membangkanan adalah bersama istrinya Bripka Nadhif berhasil meraih predikat atlet terbaik kelas master, kedua piala Atlet terbaik itu berhasil di boyong ke Dojo Brimob Kelapadua secara bersamaan.

Tidak hanya sampai disitu saja, dirinya juga mengikuti Kejuaraan Taekwondo Papua Open Poomsae dan Speed Kick tingkat Nasional, pada 31 Mei – 02  Juni 2021 secara online. Dalam pertandingan ini, dirinya turun di kelas Master kategori pair atau berpasangan bersama istrinya dan kembali berhasil meraih medali emas.

Sedangkan putranya meraih juara 2 di kategori Kadet atau pelajar usia 11 – 13 tahun,  dan putri bungusnya juga meraih Juara 1 di kategori Pra Kadet atau Pelajar usia 8 – 10 tahun. Serta mampu membawa Tim BTTC Dojo Brimob Kelapadua berhasil memboyong troppy juara umum over All 3 dan troppy juara umum 2 tingkat pelajar.

Sebagai seorang anggota Polri yang dipercaya menjadi Bamin Provos, Bripka Nadhif selalu meluangkan waktunya di sore hari dan disaat libur untuk berlatih dan melatih putra-putri anggota Polri dan masyarakat sekitar asrama Kelapa Dua untuk berlatih Taekwondo.

Mampu meraih prestasi di masa pandemi ini, sebagai wujud turut serta andil dalam mendukung tugas Polri menuju program Kapolri yaitu Presisi dan sebagai hadiah hari ulang tahun Bhayangkara ke 75 pada tanggal 1 Juli.

Inilah salah satu anggota Provos Polri yang berprestasi yang tidah hanya menindak anggota yang bermasalah, namun mampu memberikan contoh dengan berprestasi meski di masa pandemi saat ini, semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi anggota Polri yang lain agar selalu berprestasi dan bisa menjadi contoh yang baik di mata masyarakat. (*)

 

Editor : Pebri Mulya