wakil gubernur jabar Uu
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum

RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), ada banyak aturan ketat buat masyarakat. Salah satunya ihwal penutupan tempat ibadah. Namun seiring berjalannya waktu PPKM, aturan tersebut di revisi.

Pada aturan sebelumnya, tempat ibadah semua agama ditutup dan direvisi menjadi semua masyarakat yang beragama boleh melakukan kegiatan ibadah di rumah ibadahnya masing-masing.

Perubahan itu tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Daruat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa-Bali.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menyampaikan rasa syukur ketika mendengar perubahan peraturan tersebut. Kata dia, pemerintah pusat begitu respon terhadap keinginan dan harapan umat di Jawa Barat ataupun secara nasional.

“Alhamdulillah ada kabar gembira dan kabar kebahagiaan khususnya bagi umat yang beragama di Jawa Barat bahwa pemerintah pusat hari ini memberikan kebebasan dan keleluasaan serta mengizinkan untuk memanfaatkan rumah ibadah termasuk di dalamnya masjid dipakai untuk ibadah sehari-hari” ucap Uu, Minggu (11/7).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat, untuk memanfaat tempat ibadah : masjid, musala, gereja, pura, vihara, dan klenteng, seperti biasa. Tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Oleh karena itu mari kita manfaatkan kebebasan dari pemerintah ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan antara lain melaksanakan salat awal waktu berjamaah di masjid biasanya salat subuh jarang yang datang. Kenapa tidak kita sekarang niatkan subuh berjamaah di samping waktu-waktu salat yang lain,” pungkasnya. (rd/jun)