Rizki Apriwijaya
TURUN LANGSUNG : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya turun langsung membantu warga yang melakukan Isoman dengan memberikan paket sembako. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Saat pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), membuat masyarakat, khususnya yang penghasilan harian kesulitan untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Terlebih, bagi mereka yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah masing-masing. Sehingga, sentuhan seperti bantuan sosial (Bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) sampai paket sembako sangat dibutuhkan.

Karenanya, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya menggandeng perusahaan retail Bhakti Karya membagikan paket sembako bagi mereka yang melakukan Isoman.

“Alhamdulillah, di tengah pandemi ini, saya bersama Bhakti Karya masih diberikan rejeki dan inisiatif membantu warga yang melakukan Isoman dengan membagikan paket sembako,” tutur Rizki Apriwijaya kepada Radar Depok.

Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, banyak warga yang sedang Isoman tapi belum tersentuh bantuan dari pemerintah.

Sehingga, menjadi kewajiban bagi semua warga, khususnya yang mampu untuk memberikan uluran tangan kepada mereka.

“Sebab, saat Isoman mereka yang hanya mengandalkan penghasilan harian itu sangat kesulitan, di samping mereka harus fokus untuk memulihkan kondisi kesehatan, mereka juga memikirkan untuk menafkahi keluarga,” papar Rizki Apriwijaya.

Politikus milenial Gerindra menilai, jika mereka yang Isoman tetapi pikirannya terpecah untuk nafkahi keluarganya, tentu akan sangat sulit meningkatkan imun dan memulihkan kondisi kesehatannya.

“Mereka juga memikirkan bagaimana keluarganya makan tiap hari, jika kekurangan atau malah sampai belum ada untuk makan, tentu dia akan kepikiran dan akan sulit meningkatkan imunitas mereka, untuk memulihkan kondisi kesehatan, pikiran mereka juga harus tenang,” kata Rizki Apriwijaya yang saat ini duduk di Komisi V DPRD Jabar ini.

Tenang di sini, sambung Rizki Apriwijaya, dengan memastikan makanan untuk keluarga mereka tercukupi, dan fokus untuk memulihkan kondisi kesehatan mereka.

“Jika tidak, mereka kan terpaksa harus keluar mencari nafkah, ini yang berbahaya, di satu sisi, mereka harus memenuhi kebutuhan keluarga, sisi lainnya saat mereka terpapar Virus Korona, sangat rentan menularkan ke orang lain dan juga membahayakan kesehatan mereka,” kata Rizki Apriwijaya.

Untuk itu, dirinya bersyukur masih diberikan rejeki dan mendapat support dari Bhakti Karya guna memberikan bantuan sembako bagi warga yang melakukan Isoman. Sedangkan, untuk data penerima dan pendistribusian, pihaknya dibantu DPC Partai Gerindra Kota Depok, melalui PAC dan Ranting.

“Terima kasih kepada kawan-kawan Gerindra Depok yang telah membantu mendata untuk warga yang isoman di 63 kelurahan di Kota Depok,” paparnya.

Dia pun mengapresiasi beberapa Satgas Covid-19 di tingkat RW yang begitu sigap untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi, khususnya warga mereka yang Isoman sampai sembuh seperti sedia kala.

“Saat turun ke lapangan langsung, ada beberapa RW yang sangat peduli dan inovatif membantu warga yang Isoman, dari semula ada 50 lebih yang terpapar, sampai tinggal hitungan jari. Ini patut diapresiasi dan menjadi pilot project bagi wilayah lain,” tegas Rizki Apriwijaya.

Rizki Apriwijaya pun berharap agar apa yang dilakukan bersama Bhakti Karya dapat menginspirasi mereka yang mampu untuk sama-sama membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemic Covid-19.

“Semoga kegiatan ini jadi suplemen tambahan bagi gugus tugas RT dan RW dalam menangani Covid-19,” ucap Rizki Apriwijaya.

Dia pun meminta agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19  dengan melaksanakan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi interaksi serta mobilisasi.

Sementara, pemerintah terus fokus untuk melakukan 3T, yakni tindakan melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment).

“Tentu dengan terus melakukan percepatan vaksinasi bagi seluruh warga dan kita harus kompak melawan Covid-19, serta harus selalu waspada menghadapi varian Delta yang sangat menular,” pungkas Rizki Apriwijaya. (adv)

Editor : Ricky Juliansyah