angkut oksigen
BANTU: Satgas SDA DPUPR Kota Depok saat membantu RSUD Kota Depok memasok oksigen ke Cileungsi, Selasa (6/7). IST

RADARDEPOK.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok turun tangan membantu penanganan Covid-19 di Kota Depok, Rabu (7/7). Salah satunya dengan mengerahkan dua Satuan Tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA) untuk memasok oksigen medis ke rumah sakit.

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, mengintruksikan Satgas SDA membantu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok untuk memasok oksigen medis. “Karena keterbatasan petugas, sehingga tidak ada kendaraan yang membawa oksigen. Maka kami bantu,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Rabu (7/7).

Dia menjelaskan, pada Selasa (6/7) malam, dua Satgas PUPR dengan menggunakan satu unit mobil dumptruck menuju Cileungsi yang merupakan tempat pengisian atau pabrik oksigen, untuk mengambil pasokan oksigen. “Oksigen tersebut nantinya akan digunakan bagi pasien Covid-19 yang mengalami sesak nafas,” jelasnya.

Terkait kerjasama, Dadan menyebut belum ada kepastian akan sampai kapan. Namun, dia mengaku, pihaknya selalu siap membantu jika memang dibutuhkan. “Insha Allah kami siap jika dimintai bantuan oleh RSUD, karena kami pun sekarang tahu bagimana kondisinya. Dengan lonjakan kasus Covid-19 seperti ini, saling menolong,” ucapnya.

Dadan berharap, semoga upaya tersebut bisa bantu meringankan tugas tenaga kesehatan (nakes) dalam menangani pasien Covid-19. “Mudah-mudahan bisa meringankan tugas tenaga kesehatan maupun orang-orang yang bekerja di dalamnya,” harapnya.

Sebelumnya, Plt Kabid Pelayanan Medis sekaligus Kabid Perawatan RSUD Kota Depok Muhammad Salman mengatakan, saat ini sedang mengalami krisis keterisian oksigen. Pasalnya, ketiga vendor gas oksigen yang  dimiliki RSUD sedang kesulitan dalam penyediaan, karena dibutuhkan juga oleh masyarakat.

“Jadi, untuk sekarang kami tidak terfokus kepada tiga vendor tadi saja. Di mana ada isi oksigen, maka kami cari, kami kejar,” pungkasnya.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar