bantuan relawan untuk NTT
BANTU : Peresmian Tempat Tinggal Sementara (TTS), bagi warga terdampak banjir di NTT. ist

RADARDEPOK.COM, NUSA TENGGARA TIMUR – Korban terdampak banjir di Nusa Tengara Timur (NTT), sudah bisa bernafas lega. Setidaknya untuk sementara, saban malam hari mereka tak lagi kedinginan.

Mereka mendapat Tempat Tinggal Sementara (TTS), hasil penggalangan dana seorang influencer Rachel Vennya melalui kitabisa.com dan kerja sama dengan Sekolah Relawan.

bantuan relawan untuk NTT lagi
ist

Donasi merupakan hasil bantuan dari sekira 20 ribu orang baik di Indonesia. TTS akan ditempati 50 Kepala Keluarga (KK) di Desa Waiburak, Adonara Timur, Flores Timur.

CEO Sekolah Relawan, Dony Aryanto mengatakan, pihaknya telah turun langsung sejak fase emergency hingga proses recovery dalam pembangunan TTS. Bersinergi dengan Yayasan Lamahala Peduli Umat (Lampu) NTT dan semangat gotong royong warga, sehingga tempat tinggal sementara itu bisa dirampungkan dalam kurun waktu tiga bulan pengerjaan.

Sekolah Relawan berkomitmen untuk menghadirkan solusi bagi masyarakat terdampak bencana, tempat tinggal sementara didedikasikan untuk masyarakat Adonara Timur sebagai langkah awal untuk bangkit,” katanya, Minggu (4/7). 

Ia menjelaskan, prinsip tempat tinggal sementara dibuat terintegrasi dan dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti tempat ibadah, toilet, ruang serba guna, area bermain anak, hingga pipanisasi air bersih.

Tujuan TTS ini tidak hanya untuk memenuhi shelter sementara (6-12 bulan), tapi juga diharapkan mampu mempercepat pemulihan masyarakat dari segi sosial maupun ekonomi,” ujarnya.

Salah satu warga penerima bantuan, Nuna mengaku senang. Dirinya mengucapkan banyak terima kasih. “Kami nyaman berada disini. Karena untuk kami yang terdampak banjir dan rumah kami hanyut, dengan adanya rumah ini kami jadi bisa beraktivitas kembali seperti biasa,” pungkasnya. (rd/jun)