kurban kelurahan pengasinan
SEMBELIH DAGING : Panitia kurban RT4/2 Pengasinan sedang memilah daging untuk dibagikan ke warga. ist

RADARDEPOK.COM, PENGASINAN – Warga RT4/2, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, melaksanakan pemotongan hewan kurban dalam rangka Idul Adha, Selasa (20/7). Seluruh kegiatan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Salah satu panitia kurban setempat, Komarudin mengatakan, di lingkungan mereka ada dua ekor sapi dan delapan ekor kambing yang dikurbankan.

“Kami potong dua sapi dan delapan kambing,” kata Komarudin.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan kurban tahun ini berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Tahun ini, mereka tidak mengizinkan warga sekitar untuk menyaksikan pemotongan kurban di lokasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan yang bisa menimbulkan penularan Covid-19.

Selain itu, seluruh panitia juga di wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam pelaksanaan pemotongan.

“Kita melakukan protokol kesehatan yang ketat, gak boleh warga nonton, panitia juga pakai masker semua wajib,” tutur pria yang akrab disapa Komeng.

Dia menyebutkan, dari dua ekor sapi dan delapan kambing tersebut, mereka menjagalnya menjadi beberapa bungkus yang akan dibagikan secara door to door ke masyarakat.

“Total kami membagi 200 kantong daging kurban yang dibagikan ke empat RT yang ada di RW2 Pengasinan,” bebernya.

Dia mengaku, dengan ketatnya protokol yang dilakukan tahun ini, membuat panitia aga keteteran dalam melakukan penyembelihan. Meksi demikian, demi kebaikan bersama dan demi merayakan Idul Adha ini, mereka rela berpeluh dalam memotong kurban.

“Kita sempat kelelahan karena petugas kami batasi untuk menghindari kerumuban,” pungkasnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro