sembelih 4 sapi
BERBAGI : SMK Harapan Bangsa menyembelih hewan kurban di sekolah dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. FOTO : PUTRI DESCA ALI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Di momen Idul Adha SMK Harapan Bangsa tak mau ketinggalan. Rabu (21/7), sekolah di Jalan Akses UI No89 Kelurahan Tugu, Cimanggis Kota Depok menyembelih empat sapi. Daging yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada waraga yang tidak mampu, duafa dan pemulung yang tak jauh dari lingkungan sekolah.

Kepala sekolah SMK Harapan Bangsa, Suswanto mengungkapkan, SMK Harapan Bangsa memotong hewan kurban empat sapi. Sapi yang sudah disembelih nanti akan diberikan kepada warga tidak mampu dilingkungan sekolah. Pada masa pandemi seperti ini, tidak di izinkan orang yang mengambil langsung. Karena hal ini akan terjadi kerumunan.

“Untuk mengatisipasi pihak panitia yang akan membagikan daging tersebut kepada warga sekitar yang tidak mampu, kaum duafa serta pemulung,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Rabu (21/7).

Menurutnya, biaya yang dikeluarkan untuk membeli hewan kurban dari pihak yayasan, sekolah dan orang tua yang menyumbangkan uang seikhlasnya, tidak dinominalkan atau dipaksa. SMK Harapan Bangsa pada 2020 juga melalukan pemotongan hewan kurban  sejumlah tujuh hewan. Diantaranya tiga sapi dan empat kambing. Prosesnya sama dengan tahun ini, dengan prokes yang sangat ketat dan pembagian daging tersebut melalui panitia kurban.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun SMK Harapan Bangsa bisa membagikan daging kurban kepada orang yang kurang mampu,” bebernya.

Selanjutnya, Suswanto menjelaskan, yang hadir pada pemotongan hewan kurban ini hanya yang memotong sapi, yang membantu pemotongan, dosen, kepala sekolah dan panitia kurban. Ini dilakukan guna menghindari adanya kerumunan masyarakat di situasi pandemi seperti ini.(mg1/rd)

Jurnalis : Putri Desca Ali

Editor : Fahmi Akbar