bansos turun
BANTUAN: Distribusi BST Tahap Ketiga dan Keempat di Kantor Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, beberapa waktu lalu. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Bantuan Sosial (Bansos) yang didengung-dengungkan pemerintah pusat belum sampai di Kota Depok. Bansos yang diperuntukan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, masih menunggu keputusan. Nantinya bantuan tersebut guna menolong masyarakat di masa sekarang.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan, Dinsos Kota Depok sendiri belum menerima informasi resmi dari pusat terkait update kebijakan bansos. “Infonya di media lanjut. Namun, informasi resmi kepada kami belum ada update kebijakan,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Minggu (4/7).

Kiki menjelaskan, jika nanti ada update kebijakan baru, Dinsos akan bertugas memberikan data kepada Kementerian Sosial (Kemensos). “Jadi, jadi penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bansos yang sudah ada diperbaiki, lalu diverifikasi lagi kelayakannya,” jelasnya.

Nama-nama calon penerima bansos tergantung permintaan dan kebutuhan kelurahan, berdasarkan usulan RT dan RW dengan prioritas warga yang memang membutuhkan.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan mengatakan, dirinya akan mengadakan pertemuan dalam waktu dekat ini dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan sejumlah pejabat lainnya.

“Bansos akan digulirkan lagi. Bu Risma (Mensos), Menkeu, BI dan beberapa teman-teman lain akan bertemu dan kami sepakat untuk bantu lagi,” katanya Kamis (1/7).

Luhut mengungkapkan, selain membantu masyarakat menghadapi tekanan corona, bansos juga digelontorkan untuk mendorong agar ekonomi bisa cepat pulih.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar