cinere solidaritas
BANTU : Warga RW1 Kelurahan Cinere, Ita Puspitawati Jayadi (kiri) saat membagikan masker dan minuman kepada peserta vaksinasi dan tes swab di Puskesmas Cinere. ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Aksi solidaritas dan kepedulian terhadap sesama memang harus digugahkan warga Depok saat ini. Terutama saat Pandemi Covid-19. Salah satunya seperti Ita Puspitawati Jayadi. Perempuan yang tinggal di RW1 Kelurahan Cinere Kota Depok ini membagikan paket sembako kepada pasien terkonfirmasi Covid-19, yang sedang menjalai isolasi mandiri (isoman).

“Langkah ini kami lakukan untuk memberikan motivasi ke mereka, sebab orang yang isoman menganggap terkucilkan. Ketika kami datang bersama pak lurah, walaupun dengan jarak, mereka di dalam rumah dan kami di luar. Mereka sangat senang,” tutur Ita kepada Harian Radar Depok, Minggu (4/7).

Dia menjelaskan, ada 20 rumah yang menjadi sasaran pemberian paket sembako. Sejumlah rumah ini tersebar di tiga RW yaitu RW1, 2 dan 7.

Lebih lanjut, ucapnya, selain sembako, pihaknya juga membagikan masker dan minuman kepada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi dan tes swab di Puskesmas Cinere. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat.

“Masih ada masyarakat yang takut untuk dites swab dan divaksin karena banyak berita hoaks yang mereka dengar. Di sana kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hal tersebut,” ujarnya.

Ita juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan, jika ada warga yang positif Covid-19. Kemudian, sambungnya, bagi warga yang mempunyai rezeki lebih, bisa memasak lebih banyak untuk dibagikan ke mereka yang menjalani isoman.

“Jika ada gejala yang mengarah ke Covid-19, jangan malu untuk berkoordinasi dengan RT-RW atau Puskesmas agar segera mendapatkan penanganan yang baik,” terangnya.

Lurah Cinere, Pupung Purwawijaya mengaku, peran serta warga dalam memerangi Covid-19 sangat diperlukan. Jangan sekali-kali mengucilkan pasien justru dinaikan imunya dengan mendukung mereka supaya cepat sembuh. Cara Ita patut diparesiasi. “Warga lain bisa jiga mengumpulkan pangan di lumbung pangan yang sudah kami sediakan,” tandasnya singkat.(rd)

Editor : Fahmi Akbar