DTKS Bojongsari
BAHAS DTKS : TKSK Bojongsari dan Pendamping PKH kelurahan serta Fasilitator SLRT kelurahan se Kecamatan Bojongsari sedang melakukan rapat di luar ruangan untuk menghindari penyebaran Covid-19. ist

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bojongsari, beserta seluruh Tenaga Pendamping PKH kelurahan , dan Fasilitator SLRT kelurahan se-Kecamatan Bojongsari, melakukan rapat perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) warga di Kecamatan Bojongsari.

TKSK Bojongsari, Acep Jarkasih mengatakan, dalam rapat ini mereka membahas rencana kelanjutan perbaikan DTKS tahap kedua. Bulan ini sudah masuk tahap ke dua perbaikan DTKS di Bojongsari,” kata Acep, Selasa (6/7).

Dia mengungkapkan di Kecamatan Bojongsari ada 5450 DTKS yang harus diperbaiki. DTKS ini merupakan rujukan bagi Kementerian Sosial dalam menyalurkan bantuan sosial.

Jadi DTKS ini merupakan jumlah orang tidak mampu yang akan mendapatkan bantuan. Tapi sejauh ini ada permasalahan ketidak sesuaian dengan data disdukcapil. Maka dari itu kami terus mengebut perbaikan datanya,” bebernya.

Dia menjelaskan, dari verifikasi yang mereka lakukan banyak ditemukan ketidak sesuaian datan diantaranya, NIK ivalid, NIK tidak ditemukan, warga meninggal, warganya sudah pindah, atau warga tersebut merupakan orang dengan kategori mampu.

Untuk yang tidak lolos verifikasi kami coret dari daftar DTKS,” terangnya.

Saat ini verifikasi sudah mencapai 91 persen atau sebnayak 4.500 data sudah dinyatakan layak untuk mendapatkan bantuan. Mereka menargetkan di akhir bulan ini, semua proses pendataan dan verifikasi bisa terlaksana 100 persen. “Insya Allah kalau gak ada hambatan bulan ini rampung semua DTKS-nya,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro