asnawi
Kepala Kemenag Kota Depok, Asnawi

RADARDEPOK.COM – Kementerian Agama (Kemenag) Depok memastikan seluruh pelayanan akan berjalan maksimal, meski harus dijalankan secara Work From Home (WFH) 100 persen. Ini  sesuai surat edaran Menteri Agama RI No18 tahun 2021, tentang Sistem Kerja Selama PPKM Darurat.

Kepala Kemenag Depok, Asnawi mengatakan, pelayanan akan berjalan seperti biasa dengan melalui media online. Selain itu, diwajibkan melakukan absensi secara online. “Nantinya, setiap hari mereka akan kita minta laporan pertanggungjawabannya selama satu hari itu,” tegasnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (8/7).

Adapun isi dari surat edaran Kemenag Pusat. Pertama, Seluruh ASN, di lingkungan Kemenag Kota Depok terhitung sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli memberlakukan WFH seluruhnya. Kedua,  Pembelajaran pada Madrasah Negeri, Swasta dan Pondok Pesantren dilakukan secara daring. Tiga,  Untuk Pelayanan Haji dan KUA menyesuaikan dengan kebijakan dari Kementerian Agama RI. “Hal ini sebagai bentuk tindaklanjut dari terbitnya regulasi atau pengaturan mekanisme sistem kerja pada masa PPKM Darurat,” lanjut Asnawi.

Ada beberapa hal terkait di KUA, Pertama, pendaftaran nikah semua dilakukan secara online. Kedua, pelaksanaan akad nikah antara tanggal 3 hingga 20 Juli hanya untuk pernikahan yang telah didaftarkan sebelum tanggl 3 Juli.

Lalu, Ketiga, tidak ada pendaftaran baru untuk pelaksanaan nikah antara tanggal 3 hingga 20 Juli. Keempat, akad nikah bisa dilaksanakan di kantor, di rumah, atau di gedung pertemuan atau hotel dengan ketentuan akad nikah di kantor dan di rumah maksimal dihadiri maksimal 10 orang.

Selanjutnya, kata Asnawi, kelima, akad nikah di gedung pertemuan atau hotel dihadiri paling banyak 30 orang. Keenam, calon pengantin (Catin) harus menandatangani surat pernyataan kesanggupan menjalankan protokol kesehatan. Ketujuh, Kepala KUA harus berkoordinasi dengan gugus tugas Covid di daerah. Delapan, Kepala KUA/penghulu bisa menunda/membatalkan rencana pelaksanaan akad jika Catin atau pihak Catin melanggar Prokes.

Dalam waktu dekat Kemenag Kota Depok akan melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai, Pemerintah Depok, Gugus Tugas, Ketua Ormas Islam, dan Tokoh Agama soal surat edaran Kemenag Pusat secara online. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar