vitamin A dari kecamatan cimanggis
SEHAT : Pemberian Vitamin A kepada balita, secara door to door di wilayah Curug Kecamatan Cimanggis.

RADARDEPOK.COM, CURUG – 1.551 balita di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis mendapatkan vitamin A. Sesuai dengan jadwalnya, dimana pemberian vitamin A dilaksanakan pada bulan Februari dan Agustus tiap tahunnya.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herliana mengatakan, pemberian vitamin A sudah mulai dilaksanakan sejak awal Agustus untuk 1.551 bailta dan jenisnya disesuaikan dengan usia balitanya.

“Karena masih situasi pandemi, pelaksanaan dilakukan secara door to door, serta Posyandu yang diberikan jadwal perjam. Ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan,” ucapnya kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan,┬ávitamin A berwarna biru dengan dosis 100.000 IU, diberikan kepada bayi 6 -11 bulan. Dan┬áVitamin A berwarna merah dengan dosis 200.000 IU, ini diberikan untuk anak usia 12 – 59 bulan.

“Namun, Vitamin A merah ini juga diberikan kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Vitamin A ini memiliki banyak manfaat, selain untuk mencegah ternjadinya Xeroftalmia, rabun senja ini juga untuk mencegah kelainan pada kornea mata,” jelasnya.

Dirinya memastikan, hingga kini proses pemberian masih terus berjalan hingga akhir Agustus, dan dijadwal setiap harinya agar seluruh anak mendapatkan Vitamin A.

“Kami pastikan seluruh balita di Curug mendapatkan Vitamin A. Tetapi memang jadwalnya disesuaikan dengan Posyandu di wilayah masing-masing,” terangnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya