fitriawan bantuan UMKM
BANGGA : Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menunjukkan produk UMKM Kota Depok sebelum pandemi.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah kembali mengucurkan bantuan Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahap III pada Agustus 2021.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh 1.965 pelaku UMKM di Kota Depok agar mendongkrak perekonomian.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), Mohammad Fitriawan mengatakan, sejak Januari sampai Agustus 2021, ada 37.800 pelaku UMKM yang mendaftarkan diri dalam program insentif dari pemerintah. Selanjutnya, data tersebut langsung dikirim ke Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat (Dinas KUK Jabar).

“Penetapan penerima kewenangan dari Kemenkop UKM RI. DKUM hanya mendata saja, kami juga tidak bisa memastikan siapa yang lolos, karena itu bukan wewenang kami,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (15/08).

Antusiasme masyarakat yang memiliki usaha mikro ini tak lepas dari situasi pandemi Covid-19 secara berkepanjangan. Pada BLT UMKM tahap ketiga yang telah ditutup pendaftaran 12 Agustus 2021, tercatat 1.965 orang.

“Usai validasi data, adalah proses penetapan penerima bantuan. Bisa di cek pada link e-form BRI, Tiap pelaku usaha akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,2 juta,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya