rutan depok
JAGA KESEAHTAN : Tim Keseahtan UPTD Puskesmas Cilodong saat meninjau lokasi Rutan Kelas I Depok sebelum melakukan penyemprotan fogging dalam pencegahan DBD. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Cuaca yang terus tak menentu, kadang panas dan hujan membuat Rutan Kelas I Depok mawas diri. Dalam waktu tempat masyarakat yang melawan hukum tersebut bakal di fogging Puskesmas Cilodong. Pengasapan dilakukan demi mengantisipasi nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan rutan.

KPR Rutan Kelas I Depok, Nu’man Fauzi menerangkan, ini bentuk kewaspadaan terhadap nyamuk penular penyakit DBD yang harus ditingkatkan,. Sebab cuaca yang tak menentu akan menyebabkan nyamuk dengan cepat beranak pinak . Di sini banyak genangan air seperti selokan, wadah plastik, kaleng, dan lainnya.  Tentunya menjadi tempat yang sangat potensial bagi nyamuk. “Sehingga berakibat pada meningkatnya penularan penyakit DBD. Jadi kita antisipasi,” tegasnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (19/8).

Dia melanjutkan, guna melangsungkan antisipasi, Rutan melakukan koordinasi kepada UPTD Puskesmas Cilodong, sehingga peninjauan dilakukan petugas puskesmas. Kata Fauzi, kunjungan yang langsung diterima oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Marhadi Kusumah serta di dampingi Kasubsi Adper, Endi Budi Hernadi dan Dokter Rutan Kelas I Depok, Imma Syabreni berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Mereka mengecek jentik nyamuk, persiapan buat fogging. Insha Allah akan dilaksanakan Sabtu tanggal 21 Agustus 2021,” ungkapnya.

Wabah DBD tidak terlepas dari tingginya curah hujan dan pola hidup yang kurang sehat, sehingga pencegahan DBD di Rutan harus ditingkatkan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, baik kebersihan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun lingkungan dalam Rutan. “Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi dan persiapan fogging ini dapat memutus mata rantai penyakit DBD,” harap Fauzi.

Tentunya, lanjut Fauzi, Rutan mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Kesehatan Lingkungan Puskesmas atas sinergitas untuk memberikan edukasi menerapkan Pola Hidup Baik dan Sehat (PHBS), dalam mencegah DBD. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar