PPDB
PPDB DEPOK : Ketua Forum Kepala Sekolah SMA Swasta (FKSS) Kota Depok Santoso bersama Ketua MKKS SMA/SMK Negeri Depok Rahmat Muhamad. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Sekitar 3.000 siswa setingkat SMA dan SMK harus mengenyam pendidikan bermigrasi ke luar Kota Depok. Hal ini diakibatkan tidak lolos dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online, baik sekolah negeri maupun swasta.

Ketua Forum Kepala Sekolah SMA Swasta (FKSS) Kota Depok, Santoso mengungkapkan, daya tampung di sekolah swasta yang telah disiapkan tidak terisi alias kosong, karena tidak berminat.

“Itu semuanya siswa yang tidak lolos PPDB di SMA Negeri, dan disalurkan ke sekolah swasta yang ikut serta dalam PPDB tahun ini,” terangnya kepada Radar Depok, Senin (02/08).

Dia menerangkan, dari sekitar 50 sekolah swasta di Depok yang ikut serta PPDB, hanya dua sekolah yang berhasil masuk dalam program. Sehingga yang tidak lolos pada sekolah Negeri akan melakukan daftar ulang di sekolah swasta yang telah masuk dalam program PPDB.

“Ini tahun pertama sekolah swasta ikut serta PPDB. Memang tidak sesuai harapan kami, tapi semua lancar prosesnya,” tambah Santoso.

Dari 3.000 siswa yang gagal ke terima di sekolah negeri, sekitar 2.000 secara langsung melakukan pendaftaran di sekolah swasta Jakarta, ada sekitar 1.000 siswa dari sisanya ke terima sekolah swasta untuk melakukan daftar ulang.

Namun, dibeberkan Santoso, tidak semua siswa yang jumlahnya 1.000 mau masuk sekolah swasta PPDB. Dari dua sekolah yang terdaftar resmi hanya sekitar 10 persen siswa yang melanjutkan daftar ulang. “Jauh sekali dari harapan, paling hanya 100 siswa yang melanjutkan daftar ulang di kedua sekolah yang ikut PPDB,” bebernya saat dikonfirmasi.

Sementara, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, Rahmat Muhamad menambahkan, keberlangsungan PPDB online di Kota Depok telah usai, yang tandanya tidak akan dan tidak boleh lagi ada transaksi siswa masuk sekolah Negeri.

“Memang permasalahannya di daya tampung. Untuk SMA Negeri hanya menerima 28,8 persen atau sekitar 5.000an daya tampung SMA Negeri di Kota Depok,” paparnya.

Namun dia memastikan jika pelaksanaan PPDB Online di Kota Depok berjalan lancar dan sukses. Sekarang siswa siswi sedang masa perkenalan sekolah dan gencar melakukan vaksinasi kepada pelajar. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi AKbar