Ilustrasi Grafis Seleksi CASN Kota Depok
ILUSTRASI: Ilustrasi grafis CASN.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Panitia Seleksi Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di lingkungan Pemerintah Kota Depok, secara resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi penerimaan CASN Kota Depok Tahun Anggaran 2021, Senin (2/8).

Pengumuman tersebut tertuang dengan Nomor: 800/04/TP-CASN/DEPOK/2021 tentang Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan CASN Kota Depok 2021. Dalam rangka pelaksanaan seleksi penerimaan CASN di lingkungan Pemkot Depok Tahun Anggaran 2021 telah dilaksanakan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah pelamar. Dokumen yang diunggah pelamar tersebut dicocokkan dengan ketentuan dan persyaratan sebagaimana telah diumumkan dengan Pengumuman Nomor 810/3494 – BKPSDM tanggal 30 Juni 2021.

Hasil seleksi administrasi di antaranya, sampai dengan batas akhir waktu pendaftaran tanggal 26 Juli 2021 pukul 23.59 WIB, jumlah pelamar yang masuk sebanyak 9.616 orang. Terdiri dari pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mendaftar sebanyak 7.004 orang, pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru  227 orang, dan pelamar PPPK Guru 2.385 orang.

“Saya mengapresiasi banyaknya peminat CASN, dan sangat optimis akan terpilih ASN yang punya kapasitas serta integritas yang baik dari proses seleksi ini,” ungkap Ketua Panitia Seleksi Pengadaan CASN di Lingkungan Pemkot Depok, Supian Suri kepada Radar Depok, Selasa (3/8).

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Depok ini mengingatkan kepada peserta seleksi CASN yang lolos ke tahap selanjutnya agar terus memperbanyak latihan soal. Dan mengimbau kepada seluruh pelamar CASN agar tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi, dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau bentuk lain.

“Jangan percaya kalau ada yang bisa bantu atau calo. Kelulusan adalah hasil yang objektif,” tegas Supian.

Terpisah, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati menuturkan, setelah dilakukan seleksi administrasi terhadap kelengkapan dan keabsahan berkas pelamar yang diunggah pada website https://sscan.bkn.go.id secara online, diperoleh hasil pelamar CPNS yang Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 4.098 orang, dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 2.906 orang.

“Kemudian pelamar PPPK Non Guru yang MS sebanyak 58 orang, dan TMS 169 orang. Sedangkan pengumuman kelulusan seleksi administrasi PPPK Guru akan diumumkan oleh Kemendikbudristek,” terang Mary kepada Radar Depok, Selasa (3/8).

Diketahui, jika dijumlahkan pelamar CPNS dan PPPK Non Guru yang TMS atau tak lolos seleksi administrasi mencapai 3.075 peserta.

Selain itu, masing-masing pelamar dapat mengecek status kelulusan seleksi administrasi setelah login ke https://sscasn.bkn.go.id, dan bagi yang TMS dapat melihat alasannya. Pelamar yang dinyatakan TMS dapat mengajukan sanggahan melalui https://sscasn.bkn.go.id dengan memberikan alasan yang jelas dan dapat diterima. Dalam hal sanggahan dari calon pelamar dapat diterima, panitia seleksi instansi dapat mengubah pengumuman hasil seleksi administrasi.

“Pelamar dapat mengajukan sanggahan mulai 4 – 7 Agustus 2021 pukul 12.00 WIB,” terangnya.

Sementara itu, khusus pelamar formasi Tenaga Kesehatan yang dinyatakan TMS karena Surat Tanda Resgistrasi (STR), dapat mengajukan sanggahan sesuai Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/1121/S.SM.01.00/2021 tanggal 23 Juli 2021 perihal Verifikasi Administrasi Persyaratan Surat Tanda Registrasi (STR) pada Seleksi CASN Tahun 2021.

“Kemudian jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi akan diinformasikan lebih lanjut melalui https://bkpsdm.depok.go.id,” pungkasnya. (rd/gun/**)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR