telur untuk nakes depok
BANTUAN: Truk telur ayam dari Kemendag yang diperuntukkan bagi nakes di Kota Depok, Jumat (6/8). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK, DEPOK – Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menyalurkan 3 ton telur sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh tenaga kesehatan (nakes) di Kota Depok. Nantinya, setiap nakes diberikan 1-2 kg telur ayam untuk memenuhi kebutuhan protein.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag RI, Indrasari Wisnu Wardana menjelaskan, distribusi bantuan berupa telur ayam ini, berasal dari dana kolektif para pegawai dan jajaran serta pelaku usaha.

“Untuk itu, kami memberikan sedikit bantuan terhadap tenaga kesehatan yang sudah bekerja keras, bahkan banyak berguguran melawan Covid-19,” ujarnya kepada Radar Depok, Jumat (6/8).

Pemilihan komoditi telur untuk penyaluran bantuan, lanjut Indrasari, atas dasar harga telur yang sedang merosot. Pembelian jumlah banyak diharapkan meningkatkan demand, sehingga harga komoditi tersebut kembali melonjak.

“Distribusi telur ini dua sisi (tujuannya). Satu sisi, membantu peternak telur yang harganya saat ini sedang turun. Satu sisi memberikan nakes untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan adanya telur sebagai sumber protein. Total bantuan 3 ton,” bebernya.

Selain Kota Depok, bantuan serupa akan turut didistribusikan kepada lima kab/kota lainnya. Diantaranya Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, serta Kota Bekasi.

“Karena kami adanya di Jakarta, maka yang terdekat dulu. Tapi tidak menutup kemungkinan akan disebar untuk daerah di sekitar Jakarta,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengapreisasi kepada seluruh lintas sektor mulai dari jajaran Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok maupun pusat di masa Pandemi Covid-19.

“Saya bersyukur semua bersatu padu untuk melawan pandemi. Terutama terima kasih kepada Kemendag RI. Distribusinya (telur ayam) untuk nakes di RSUD, dan puskesmas di Kota Depok termasuk supir ambulance,” ucapnya.

Setiap nakes, lanjut Imam, akan menerima satu sampai dua kilogram (kg) telur ayam. Diketahui, jumlah nakes yang ada di RSUD Kota Depok sebanyak 750 orang.

“Lalu, di 38 puskesmas terdapat sekitar 1.000 nakes. Masing-masing nakes mendapat 1-2 kg, sisanya buat pasien yang dirawat,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya