program sandes kementerian pupr
CEK : Program Sanitasi Desa (Sandes) Padat Karya 2021 di Kelurahan Depok sudah 65 persen. Bentuknya pembuatan Septictank. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Program Sanitasi Desa (Sandes) Padat Karya 2021 di Kelurahan Depok sudah 65 persen. Bentuknya pembuatan Septictank.

Ketua LPM Depok, Hariyanto mengatakan, Sandes Padat Karya merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melalui Provinsi Jawa Barat, untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di masyarakat, dengan memiliki septictank yang memadai.

“Saat ini progresnya sudah 65 persen. Kami mulai Juli lalu. Jumlah sanitasi ada 43 Unit dari 78 KK di Kelurahan Depok,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (26/8).

Selain septictank, lanjut dia, ada pula lima bilik kamar mandi yang akan dibangun pemerintah pusat pada program tersebut. Dana yang digulirkan mencapai Rp500 juta.

“Untuk 1 KK septictank berukuran 1×1 meter dengan resapan 80 cm dan untuk kamar mandi 150×120 dengan gestrab 40 cm,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, hanya memiliki waktu tiga bulan untuk menyelesaikan pembangunan Sandes 2021. Dengan harapan, pengerjaan dapat terselesaikan tepat waktu dan segera dapat digunakan oleh masyarakat.

“Kami berharap dapat selesai dengan tepat waktu dan lingkungan menjadi ramah dan tidak ada warga yang membuang tinja sembarangan sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara,” tandasnya. (rd/cr1)

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Junior Williandro