lurah pangkalanjati baru tinjau vaksin
PANTAU : Lurah Pangkalanjati Baru Sugianto sedang memantau jalannya vaksinasi di Jalan Masjid RW1 Kelurahan Pangkalanjati Baru, Cinere Kota Depok, Selasa (24/8). FAHMI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANGKALANJATIBARU – Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Kecamatan Cinere Kota Depok terus ngegas mencapai herd immunity. Selasa (24/8), 500 warga Pangkalanjati Baru berbondong-bondong mendatangi Rumah Betawi di Jalan Masjid RW1. Ratusan warga yang datang menerapkan protokol kesehatan (Prokes) : menggunakan masker dan membawa handsanitizer, sementara panitia menyediakan tempat cuci tangan.

Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto mengatakan, sangat mengapresiasi antusias warga untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Cinere. Target pelayanan vaksinasi di Rumah Betawi di Jalan Masjid RW1, sebanyak 500 orang. “Target itu telah terpenuhi. Bahkan masih banyak warga yang hadir tidak terakomodir. Karena paket vaksin Sinovac dibatasi hanya untuk 500 orang saja,” ujar lurah kepada Harian Radar Depok, kemarin (24/8).

Menurut Ugi –Sapaan Sugianto- dari sekitar 10 ribu jumlah penduduk Kelurahan Pangkalanjati Baru. Sampai saat ini baru sekitar 1.200 warga atau sekitar 12 persen yang telah mendapat pelayanan vaksin. “Sepengetahuan kami baru sekitar 12 persen warga yang sudah terlayani vaksin dari pemerintah diantaranya program Gerai vaksin Presisi TNI – Polri maupun vaksin dari Dinkes,” ujarnya.

Camat Cinere, Mangnguluang mengaku, lega lantaran meskipun banyak warga yang datang, namun proses pelaksanaan vaksinasi berjalan tertib dan lancar tanpa memicu kerumunan. Memang banyak sekali warga yang hadir, tapi Alhamdulillah lokasinya sangat luas sehingga warga yang akan divaksin tidak berkerumun. “Para petugas pelaksana cukup baik mengatur kondisi diarena tempat pelaksanaan vaksinasi,” jelasnya.

Penyelenggaraan vaksinasi program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Depok di wilayah Kecamatan Cinere, akan dilaksanakan secara bergiliran disetiap kelurahan.

“Hari ini di Pangkalanjati Baru, besok giliran Kelurahan Pangkalanjati dan seterusnya, intinya pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan selama 4 hari di 4 wilayah kelurahan lingkup Kecamatan Cinere,” imbuhnya.

Dia berharap, penyelenggaraan vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kota Depok akan memberikan kontribusi dan berdampak positif, terhadap upaya memutus rantai penyebaran virus Korona di wilayah Kecamatan Cinere.

“Kecamatan Cinere selalu berada di peringkat bawah dalam jumlah warga terpapar, tapi meski begitu kami tak pernah jumawa dengan data itu dan kami terus berupaya menekan penyebaran virus Covid-19. Caranya dengan mengoptimalkan kinerja relawan di semua KSC ditingkat RW, sosialisasikan 5M,” tandasnya. (rd/hmi)