Abdul Harris Bobihoe
Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Abdul Harris Bobihoe. berbicara tentang kuota haji 2021 Indonesia yang ditutup Pemerintah Arab Saudi. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menekan angka kematian akibat Covid-19 di tanah air, Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Abdul Harris Bobihoe meminta pemerintah agar terus meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait Virus Korona dan gejalanya.

Sebab, lanjut Abdul Harris Bobihoe yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Barat ini, minimnya kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 membuat angka kasus baru terus bermunculan.

“Ini kan yang membuat adanya kasus baru, kesadaran masyarakat dan bahkan ada yang menganggap Covid-19 itu hanya mitos, membuat mereka enggan menerapkan Prokes,” kata Abdul Harris Bobihoe kepada Radar Depok, Selasa (3/8).

Adapun Prokes yang dimaksud yakni mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan hingga membatasi mobilisasi serta interaksi, agar terhindar dari tertular atau menularkan Covid-19 jika mereka terpapar.

“5M itu menjadi hal yang wajib agar kita bisa terbebas dari Covid-19,” tegas Abdul Harris Bobihoe.

Selain itu, saat gelombang kedua Covid-19 dan tersebarnya varian Delta di Indonesia, angka kematian juga meningkat. Bahkan, sambung Abdul Harris Bobihoe, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan pada Senin (2/8), kasus meninggal bertambah 1.568 kasus.

“Dalam tiga hari terakhir tingkat kematian akibat Cocid-19 masih berada di kisaran 1.600-1.800- an kasus. Secara akumulasi, sudah 97.291 orang meninggal dunia akibat Covid-19. Ini harus ditekan agar angka kematian Covid-19 dapat menurun,” ucapnya.

Untuk itu, Abdul Harris Bobihoe menjelaskan, upaya memberi pemahaman kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana bila terpapar Covid-19, harus segera dan mendesak dilakukan. Para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah juga harus benar-benar mampu memberikan sosialisasi yang mudah dipahami oleh semua kalangan, agar pesan yang diharapkan sampai dan dipahami.

“Tingkat pemahaman masyarakat yang baik tentang Covid-19 akan sangat membantu dalam kerja-kerja pengendalian Covid-19 yang sedang dilakukan saat ini,” jelasnya.
Abdul Harris Bobihoe yang berasal dari Dapil Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini pun berharap agar program vaksinasi dapat terwujud sesuai target, dan masyarakat benar-benar patuh dan disiplin dalam menerapkan Prokes Covid-19.

“Kita semua rindu hidup normal, berkumpul bersama keluarga, saudara, kerabat dan teman, kuncinya dari diri kita sendiri, bagaimana menerapkan Prokes Covid-19, disamping pemerintah mengupayakan penanggulangan dengan berbagai kebijakan serta program,” pungkas Abdul Harris Bobihoe. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah