Jalan GDC Segera Diperbaiki
AKAN DIPERBAIKI: Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) tepatnya di depan Kafe Ghawil Kota Depok amblas, Selasa (24/8). FOTO: DAFFA SYAIFULLAH/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perbaikan jembatan di Jalan Boulevard GDC yang amblas sejak tiga bulan lalu sudah menemui titik terang. Rencananya, pengerjaan tersebut akan dilakukan mulai 30 Agustus 2021, dan akses kendaraan di jalan tersebut bakal ditutup total.

Pelaksana Pekerjaan, Direktur PT Maha Seribu Perkasa, Alboin Sirait mengatakan bahwa pekerjaan akan menutup empat jalur, dua jalur lambat dan dua jalur cepat, sehingga jalan GDC akan di tutup total.

“Mohon pengertiannya kepada masyarakat, Jalan GDC akan kami tutup total. Itu untuk memaksimalkan pekerjaan dan menghasilkan kualitas yang baik,” terang Alboin kepada Radar Depok, Selasa (24/8).

Ia menyampaikan, jika pekerjaan jembatan akan dilakukan secara utuh, yaitu menjadi satu jembatan utuh. Sehingga memiliki pondasi yang baik serta aman untuk dilalui pengendara, mengingat Jalan GDC adalah jalan aktif bagi masyarakat.

“Jadi kami bangunnya tidak setengah jalan, lalu setengah jalan lagi. Tapi dikerjakan satu jembatan utuh. Jadi baik kualitasnya, kuat pondasinya,” papar Alboin.

Pada kesempatan kali ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestro Depok bersama Dinas Perhubungan, pihak Kontraktor, serta Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok telah melaksanakan kegiatan survei rencana perbaikan Jembatan Boulevard GDC yang longsor.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresto Depok, AKBP Andi M. Indra Waspada mengatakan, pasca survei tersebut ada beberapa tahapan selama proses perbaikan tersebut berlangsung. Di antaranya akan menutup secara total dengan adanya pembangunan perbaikan jembatan GDC.

Kemudian, pihaknya akan membuat imbauan melalui spanduk dan banner serta media online akan penutupan total itu. Serta mempersiapkan rambu-rambu dan pengalihan lalu lintas.

“Setelah berdiskusi, rencananya kami akan bersinergi membantu proses perbaikan ini agar dapat rampung sesegera mungkin. Pengerjaan akan dimulai pada 30 Agustus sampai 24 Desember 2021,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, pelaksanaan survei ini dilakukan pasca gelaran rapat persiapan pelaksanaan konstruksi atau Pre Construction Meeting (PCM). Dikatakannya, PT Maha Seribu Perkasa dapat langsung mengerjakan perbaikan setelah berita acara lapangan.

Dia menyebut, lebar jembatan yang akan diperbaiki kurang lebih 8 meter. Dengan panjang jembatan kurang lebih 20 meter. “Targetnya 120 hari pengerjaan, untuk anggarannya yaitu Rp6,8 Miliar dari APBD. Semoga bisa menyelesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis: Daffa Syaifullah

Editor: M. Agung HR