sampah di TPA cipayung ke nambo
AKTIVITAS TPA CIPAYUNG : Petugas kebersihan saat mengurai sampah di gunung sampah yang terdapat di TPA Cipayung, Kelurahan/Kecamatan Cipayung.

RADARDEPOK.COM, DEPOK — Mulai April 2022 pembuangan sampah Kota Depok dari TPA Cipayung ke TPA Nambo Kabupaten Bogor akan terealisasi. Hal ini dipastikan Kepala UPT TPA Cipayung, Dadan Ardan, Selasa (24/08).

“Ada kabar terbaru (pembuangan sampah), akan bisa terealisasi tahun depan di bulan April. Semoga tidak meleset lagi,” terangnya.

Katanya, nantinya setengah dari volume sampah atau 500 ton yang masuk ke TPA Cipayung akan dibawa ke TPA Nambo setiap harinya.

Ia menyampaikan, kewenangan hal tersebut sepenuhnya ada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Namun, sampai sekarang ini sudah ada kemajuan positif untuk merealisasikan pembuangan sampah ke TPA Nambo.

Ardan menuturkan, rencana upaya pembuangan sampah ke TPA Nambo sudah lama, tapi selalu meleset dari yang sudah diinformasikan keĀ  masyarakat.

“Insha Allah tidak meleset lagi, karena ini sudah dikomunikasikan langsung ke Gubernur Jabar, Ridwan Kamil,” ungkapnya.

Dapat dipastikan jika sampah di TPA Cipayung sudah over kapasitas, dari daya tampung hanya 2,5 juta kubik, sekarang telah lebih dari daya tampung. Setiap harinya ada 1.000 ton sampah yang masuk ke TPA Cipayung. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya