BOKS Cosplay Super Hero
TUNJUKKAN KOLEKSI: Empat koleksi helm super hero diperlihatkan Gilang Ramadan, Sabtu (22/8). FOTO: DAFFA SYAIFULLAH/RADAR DEPOK

Gilang Ramadan, Cosplayer Super Hero Asal Kota Depok (1)

RADARDEPOK.COM, Meski telah menjadi karyawan tetap di salah satu perusahaan swasta, nyatanya Gilang Ramadan tak malu merambah profesi sampingan cosplayer. Pada 2018 merupakan awal mula pria asal Pekapuran Kota Depok ini menjajakan kostumnya.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

Kamen Rider, atau familiar dengan sebutan Satria Baja Hitam merupakan tokoh super hero asal negeri matahari terbit, Jepang, yang ngetren di kalangan anak-anak 90-an. Meski lahir di tahun 1988, ‘wabah’ super hero yang satu ini turut melekat pada diri Gilang Ramadan.

Kegemarannya tersebut masih digandrungi hingga dia melepas masa lajangnya. Tepat di 2018, Gilang sempat membayangkan bagaimana bisa bertransformasi menjadi sosok pahlawan bertopeng. Ia tinggal di sebuah kontrakan bersama sang istri, di Jalan Al-Islah, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos.

“Respon dari istri waktu meminta izin awalnya menolak, dan bereaksi negatif. Tetapi pelan-pelan saya jelasin kalau ini untuk sampingan libur kerja juga menambah pundi-pundi rupiah. Akhirnya sampai sekarang dibolehin,” tutur Gilang.

Setelah direstui, dia langsung menghubungi rekanan yang ada di luar Kota Depok guna memesan satu kostum lengkap dari ujung kaki hingga kepala. Untuk menggapai impian dan hobinya ini tidaklah murah, Gilang harus merogoh kocek jutaan rupiah.

“Suit pertama yang saya pinang ini Kamen Rider Ryuga, motifnya naga dan pernah muncul di RCTI waktu 2006. Bahannya dari busa hati, dan harganya Rp1 juta,” terang pria berusia 33 tahun ini.

Dengan kostum itu, dia mulai mengisi sejumlah event. Mulai dari acara pesta ulang tahun, syukuran seperti sunatan, hingga pada momen car free day (CFD) di Terminal Jatijajar dan Green Lake. Sebetulnya, pundi-pundi rupiah bukannya menjadi tujuan utama Gilang. Tetapi, didasari hobi dan bahagia saat melihat senyum merekah dari wajah anak-anak merupakan salah satu bentuk kebahagiaan, serta healing dari penatnya aktivitas.

“Ya saya sih memang selain buat sampingan, juga untuk sosial. Melihat anak-anak senang saat berfoto bersama jadi sebuah kebanggaan sendiri,” tandasnya. (bersambung)

 

Jurnalis: Daffa Syaifullah

Editor: M. Agung HR