pekerjaan digital masa depan

RADARDEPOK.COM – Pandemi virus Korona (Covid-19) telah membuat banyak perubahan di seluruh dunia, baik dari perilaku manusia, ekonomi, sampai pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, yang paling terlihat berubah karena Covid-19 adalah teknologi. Dimana saat ini transformasi digital menjadi keharusan dan akan semakin terlihat nyata pasca Covid-19.

Perkembangan teknologi harus terus diikuti, agar Indonesia tidak tertinggal terutama dalam hal sumber daya manusia (SDM). SDM Indonesia harus mempunyai skill atau kemampuan yang mumpuni agar bisa bersaing dengan negara lain.

“Skilling-up atas tenaga kerja kita sangat diperlukan dan keahlian juga,” ujarnya).

Ia menyebutkan, dengan era digitalisasi ini, Indonesia membutuhkan 9 juta orang baru yang paham mengenai teknologi untuk mendukung transformasi digital hingga tahun 2025 mendatang. Semuanya akan terbagi dalam 10 jenis pekerjaan yang diimpikan ke depannya.

“Ini membutuhkan penyelarasan pendidikan non formal dengan kebutuhan kerja, pembangunan kemitraan, perluasan kesempatan dan seterusnya,” kata dia. (rd/net)

Berikut 10 pekerjaan di Indonesia yang paling membutuhkan banyak SDM versi Suharso:

  1. Data Analyst and Scientist
  2. Big Data Specialist
  3. AI and Machine Learning Specialist
  4. Digital Marketing and Strategy Specialist
  5. Renewable Energy Engineers
  6. Process Automation Specialist
  7. Internet of Things Specialist
  8. Digital Transformation Specialist
  9. Business Services and Administration Managers
  10. Business Development Professionals.

 

Editor : Pebri Mulya