gdc cc
PERBAIKAN: Sebuah alat berat eksavator tengah mengeruk puing jembatan, Jalan Boulevard GDC, Senin (30/8). FOTO : DAFFA/ RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Perbaikan Jembatan di Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) kini mulai digarap. Awal pengerjaan dimulai dari pembongkaran jembatan menggunakan dua alat berat, Senin (30/8). Pantauan Harian Radar Depok, lalu lintas di lokasi masih belum pengalihan jalan di hari pertama pengerjaan.

Pelaksana pengerjaan, PT Maha Seribu Perkasa, Muklis mengatakan, dalam memulai perbaikan di hari pertama ini, pihaknya menerjunkan 15 orang petugas. Hal pertama yang dilakukan adalah penggalian dan pembongkaran jembatan.

“Dari pagi kami mulai persiapan penggalian. Kemudian, rencana penutupan jalan hari ini diundur menjadi besok pagi agar pengerjaan bisa maksimal,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Senin (30/8).

Muklis menyebut, pihaknya memanfaatkan dua alat berat eksavator yang akan terus dioperasikan. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, diantaranya alat pertama untuk menghancurkan jembatan awal yang akan diganti dan kedua berbentuk baket galian guna mengangkat bongkaran.

“Dua eksavator ini, yang satu buat ngeruk yang satu lagi untuk bongkar. Untuk hambatan belum karena masih awal pengerjaan,” tuturnya.

Alur pengerjaan perbaikan GDC ini meliputi pembongkaran, pemasangan tiang pancang di empat jalur dua ruas jalan. Kemudian, membuat struktur jembatan. “Jika sudah jadi, baru pemasangan void slab atau jembatannya. Serta terakhir adalah finishing beton,” bebernya.

Menurutnya, untuk satu sisi jembatan dengan panjang 11 meter x 20 meter, pihaknya memerlukan waktu sekitar 1,5 bulan. “Itu kan ada dua jembatan, tetapi pengerjaannya bebarengan karena waktu singkat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi mengungkapkan, perbaikan tersebut memakan waktu sampai 135 hari sejak 30 Agustus- 24 Desember 2021. Serta memakan anggaran bersumber dari APBD Kota Depok sebesar Rp6,8 Miliar.

Rekayasa lalulintas penutupan total jalan sekitar untuk pengoptimalan perbaikan, lanjut Dadan, akan mulai diterapkan mulai malam ini, Senin (30/8).

“Kepada masyarakat diimbau untuk bersabar terlebih dahulu selama empat bulan ini agar menghindari jalan Boulevard GDC sekitar ambruknya jembatan. Tentunya harapan kami agar perbaikan cepat selesai,” katanya.

Terpisah, seorang supir taksi, Atang menuturkan sempat kebingungan lantaran adanya reklame berisi imbauan penutupan jalan dan pengalihan jalur kendaraan. Padahal, penutupan belum berjalan dari pagi sampai sore ini.

“Sempat bingung. Kalau jalan ini betul-betul ditutup, saya lebih memilih lewat Jalan Raya Kalimulya atau Raden Saleh. Mudah-mudahan cepat diperbaiki,” tandasnya. (daf/rd)

Jurnalis : Daffa Syaifullah 

Editor : Fahmi Akbar