ketua BKD Depok easy tax
Kepala Bidang Pajak Daerah 1 BKD Kota Depok, Endra

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Easy Tax, salah satu inovasi Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok dalam memudahkan Wajib Pajak (WP) dalam membayar pajak, sudah optimal. Hanya saja, penggunaan alat pencatat omzet dalam jaringan terintegrasi masih minim.

Kabid Pajak Daerah 1 BKD Kota Depok, Endra mengatakan, inovasi ini sudah mulai diluncurkan pada bulan lalu, untuk pembayaran pajak Agustus 2021. Easy Tax menyediakan berbagai pilihan, yaitu akses pendaftaran wajib pajak, pelaporan omzet pajak, serta pembayaran pajak.

“Ini fungsinya ketetapan pajak daerah tidak lagi pakai tanda tangan manual, cukup pakai digital berupa QRcode. Layanan sudah optimal dan digunakan secara rutin oleh fiskus maupun wajib pajak (WP), melalui Easy Tax bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Depok,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (12/8).

Endra menambahkan, dalam pengoptimalisasian pendapatan daerah, BKD Kota Depok juga meluncurkan alat pencatat omzet dalam jaringan terintegrasi yang merupakan bagian dari inovasi Easy Tax. Bagi tempat usaha yang memasang alat ini, tarif pajak otomatis akan dikurangi.

“Contoh jika sebelumnya konsumen restoran bayar pajak 10 persen, jika restoran tersebut menggunakan alat ini maka konsumen mebayar pajaknya menjadi 7 persen. Saat ini, sudah ada 100 WB dari 1.000 WP yang memanfaatkan alat tersebut,” bebernya.

Kata Endra, pihaknya bersama BJB akan terus menggaet minat para pelaku usaha agar pemanfaatan alat pencatat omzet dalam jaringan terintegrasi dapat lebih optimal. Diantaranya melalui sosialisasi kepada wajib pajak.

“Bekerjasama dengan pihak lain, dalam hal ini BJB yang memberikan bantuan alat pencatat omzet dalam jaringan terintegrasi, sehingga wajib pajak tdk dipungut biaya apapun,” tuturnya.

Adapun, lanjut Endra, WP tidak perlu datang ke Kantor BKD Kota Depok untuk membayar pajak. Pembayaran cukup dilakukan melalui aplikasi marketplace, bank, maupun minimarket yang telah disediakan.

“Seperti Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Indomaret, Alfamart. Ada juga melalui bank seperti BJB, BTN, BSM, BNI, CIMB Niaga dan OCBC NISP,” tutupnya. (rd/daf) 

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya