BKM vaksinasi massal
GEBYAR VAKSIN: Salah satu warga mampang  mengikuti vaksinasi yang diadakan oleh BKM Wijaya dan UPTD Puskesmas Mampang pada Rabu (25/08).

RADARDEPOK.COM, MAMPANG – Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Wijaya Kelurahan Mampang Kecamatan, Pancoranmas bekerjasama dengan UPTD puskesmas Mampang dan Pegadaian, menggelar Gebyar Vaksin di GOR Serba Guna RT07/12.

Ketua BKM Wijaya, Agustiar mengatakan, pihaknya menyasar ratusan warga untuk melakukan vaksinasi dosis pertama ini.

“Sasaran kami 800 orang, saat ini yang tervaksin kurang lebih sudah 500 orang,” ujarnya kepada Radar Depok,  Rabu (25/08).

Dirinya mengungkapkan, 800 warga yang mengikuti vaksinasi, sebelumnya sudah melakukan pendaftaran melalui masing-masing RW.

“Kami infokan ke RW, nanti pengurus RW membagikan formulir untuk warga agar terdaftar untuk mengikuti vaksinasi,” ungkapnya.

Sinergi yang dilakukan BKM Wijaya dan UPTD Puskesmas Mampang merupakan salah satu upaya dalam memutus rantai virus Korona (Covid-19).

“Kami melakukan ini membantu pemerintah untuk memutus rantai Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Iva Nur Farida menjelaskan, ada 70 Vial yang tersedia untuk mencakup 800 orang. Saat vaksinasi, Pihaknya dibantu oleh  Tenaga Kesehatan antara lain dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

“Kami dibantu 30 nakes yang terdiri dari dokter, skrining, dan penginput data,” jelasnya.

Iva menuturkan, tidak semua yang hadir dapat divaksinasi, terdapat sebagian yang tidak lolos skrining, akibat masalah kesehatan dan harus lakukan pemeriksaan lebih lanjut di puskesmas setempat.

“Karena tensi atau gula darah ya tinggi, yang gagal skrining biasanya yang usia lanjut,” tandasnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Pebri Mulya