RADARDEPOK.COM – Selain corak, warna daun Aglonema yang indah juga menjadi alasan banyak orang mengoleksi tanaman hias tersebut.

Jika umumnya, daun aglonema berwarna hijau atau hijau keputihan, kamu bisa mencerahkan warnanya menjadi merah merona agar lebih cantik dan tentunya harga jualnya lebih tinggi.

Umumnya, harga aglonema berwarna cerah dijual lebih tinggi dibanding aglonema berwarna pucat seperti jenis aglonema lipstik. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan pemupukan untuk mencerahkan daun aglonema lebih merah merona.

Melansir dari Channel Zamroni, berikut ini cara membuat daun aglonema menjadi merah merona.

Letakkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung

Aglonema merupakan tanaman hias yang bisa hidup di dalam maupun di luar ruangan. Tapi, jika berniat meletakkannya di dalam rumah, pastikan tanaman tetap terkena cahaya matahari meski tidak langsung.

Kamu bisa menggunakan fiber pada bagian atap agar cahaya matahari tidak langsung dapat masuk ke ruangan. Selain itu, cara ini juga ampuh mencerahkan warna daunnya.

Perawatan

Aglonema tidak membutuhkan banyak air, jadi kamu bisa menyiramnya seminggu sekali dan memberikan pupuk organik empat hari sekali. Kemudian, siram tanaman dengan pupuk NPK 16-16-16 cair setiap dua minggu sekali. Cairkan satu sendok makan (sdm) pupuk NPK ke dalam tiga liter air.

Pemupukan

Selain perawatan yang tepat, ada tips khusus untuk membuat daun aglonema menjadi merah merona. Berikut ini bahan dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan

  • Satu liter air bersih 16 sdm
  • gandasil B (takaran disesuaikan dengan usia dan ukuran aglonema)
  • Saringan
  • Botol air ukuran satu liter

Langkah-langkah membuat pupuk

Pertama, campurkan satu liter air dengan 16 sdm gandasil B, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Kedua, saring campuran bahan-bahan tersebut menggunakan saringan dan masukkan ke botol spray.  Terakhir, semprotkan larutan pada tanaman atau media tanam. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya