UMKM Expo Virtual
DILAUNCHING: Swafoto usai mengikuti launching Depok Virtual Expo 2021 secara virtual, Selasa (24/8). FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok fokus pada pemulihan ekonomi perkembangan dan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Depok, selama pandemi covid-19. Hal itu tertuang dalam Program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Melalui Depok Virtual Expo 2021, para pelaku usaha diajak bertransformasi dan naik kelas.

Walikota Depok, Mohammad Idris menyebutkan, terus melakukan berbagai upaya agar perekonomian di Kota Depok segera pulih. Terdapat beberapa strategi daerah, dan arah kebijakan pembangunan ekonomi yang akan ditempuh.

“Kami telah menyusun strategi dan arah kebijakan pembangunan ekonomi di Kota Depok untuk tahun 2022. Seperti, menurunkan angka pengangguran, kemiskinan dan meningkatkan daya beli masyarakat,” terang Idris.

Kemudian, yang kedua yaitu meningkatkan keterampilan tenaga kerja yang berorientasi pada penciptaan wirausaha baru dan pasar kerja berbasis potensi lokal.

“Ketiga, membuka peluang pasar produk berbasis teknologi dan informatika. Terakhir, peningkatan kualitas usaha mikro, kecil dan menengah serta koperasi tentunya. meningkatkan secara peran perdagangan, peran ekonomi kreatif dalam pertumbuhan perekonomian kewilayahan,” ujarnya.

Meski diterpa wabah virus Korona, pengembangan sektor UMKM terus digenjot dengan pemanfaatan program dan inovasi digital serta mendorong pemasaran melalui online khususnya memanfaatkan marketplace yang ada. Langkah ini diambil agar meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pertumbuhan ekonomi tinggi yang ditopang oleh kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

“Saya berharap kepada semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh pelaku UMKM bisa terus bersinergi dengan baik dan positif untuk terus menumbuhkan indsutri ini. sebagai bentuk usaha kita untuk berkontribusi dalam pemulihan kondisi ekonomi saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengungkapkan, di tengah era industri 4.0 yang secara tidak langsung menuntut seluruh bentuk aktivitas perekonomian masyarakat berbasiskan teknologi. Pemkot Depok berkomitmen dalam mengintervensi dan mendukung geliat perekonomian mikro di Kota Depok.

“Salah satu prioritas kami kepada RPJMD 2021-2026, yaitu peningkatan infrastruktur digital untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Dikatakannya, kehadiran Depok Virtual Expo 2021 menjadi inovasi yang selaras dengan tuntutan revolusi industri 4.0, bekerjasama dengan vendor marketplace nasional sebagai upaya digitalisasi UMKM.

Senada, Kepala DKUM Kota Depok Mohammad Fitriawan menyebut para pelaku UMKM Kota Depok dapat memanfaatkan ajang Depok Virtual Expo sebagai sarana peningkatan dan perluasan akses pasar, meningkatkan promosi dan informasi produk, mendongkrak kapasitas usaha dan volume penjualan. “Semoga berjalan lancar dan memberikan manfaat peningkatan ekonomi secara nyata khususnya manfaat juga bagi teman-teman UMKM Kota Depok supaya dapat naik kelas,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis: Daffa Syaifullah

Editor: M. Agung HR