Foto Dinas Sosial PKH Kota Depok
SALURKAN BANTUAN: Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ke masyarakat Kota Depok, beberapa waktu lalu. FOTO: IST

RADARDEPOk.COM, DEPOK – Bantuan sosial terus digulirkan akibat melesunya perekonomian pada masa pandemi covid-19. Salah satunya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Depok, yang pendistribusiannya masih berlangsung sampai saat ini.

Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana menuturkan, BPNT untuk masyarakat Kota Depok digolongkan menjadi dua bagian, yaitu 9.739 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) murni, dan 31.682 KPM lainnya masuk ke dalam data Penerima Keluarga Harapan (PKH).

“Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH itu wajib juga dapat BPNT. Tetapi penerima BPNT belum tentu penerima PKH. Saat ini, total penerima BPNT berjumlah 47.421 KPM,” ungkap Usman kepada Radar Depok, Jumat (6/8).

Dari stimulus BPNT lanjut Usman, setiap KPM berhak menerima Rp200 ribu yang ditransfer ke rekening. Guyuran bantuan di atas masih terus berlangsung setiap bulan.

“Bantuan ini dari Kemensos ditransfer ke rekening masing-masing KPM BPNT, untuk dibelanjakan di e-warong agen BNI yang telah ditentukan. Jadi tidak bisa dicairkan tunai,” bebernya.

Disamping BPNT, ada pula beberapa bantuan lain meliputi Bantuan Sosial Tunai (BST), PKH, dan Bantuan atau Tambahan Beras Cadangan dari pemerintah pusat untuk Pemerintah Kabupaten dan Kota (BSB).

“Saat ini, seluruh bantuan tersebut sudah dicairkan dan memasuki tahap penyaluran ke masing-masing KPM. Untuk dana BST bisa ditanyakan langsung ke PT Pos selaku distributor,” terangnya.

Sedangkan untuk PKH, jumlah KPM masing-masing untuk PKH Reguler Triwulan 3 sebanyak 31.682 KPM dengan jumlah anggaran sebesar Rp19.156.550.000.

Selain itu terang Usman, Pemerintah juga mengucurkan Bantuan Beras Cadangan  untuk KPM PKH 10 Kg hanya untuk satu bulan, dengan jumlah penerima sebanyak 31.662 KPM.

Ditambah Bantuan Beras Cadangan Pemerintah BST 10 kg untuk satu bulan dengan jumlah penerima 137.738, disalurkan oleh PT Pos. Bantuan tersebut dikhususkan selama masa PPKM Darurat berlangsung.

“Untuk Non DTKS seperti kelompok disabilitas dan lanjut usia (lansia) turut kami berikan Bantuan Beras Cadangan Pemerintah atau disebut BSB sebanyak 5Kg, dengan jumlah penerima 3.000 KPM. Bantuan ini sudah selesai disalurkan,” tuturnya.

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang sedang isolasi mandiri (isoman). Pemerintah Kota Depok memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dilanjut pendistribusian bantuan berupa logistik oleh kecamatan. (rd/daf)

 

Jurnalis: Daffa Syaifullah

Editor: M. Agung HR