foto pak Heri Solehudin artikel
Oleh: Dr. Heri Solehudin Atmawidjaja*)

(Refleksi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76, 17 Agustus 2021)

RADARDEPOK.COM, Tidak terasa sudah 76 tahun bangsa kita merdeka, sudah 8 kali pergantian kekuasaan rezim, sudah ribuan undang-undang terlahir melalui proses politik legislasi di parlemen, sudah ribuan kebijakan dilahirkan dari para pemimin negeri ini dari rezim ke rezim, tetapi dalam kenyataanya apa yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa yang juga tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 hingga hari ini belum dapat terlaksana dan bahkan mengalami kemunduran, tercapainya kesejahteraan umum dan keadilan sosial yang menjadi cita-cita utama kemerdekaan masih hanya sebatas mimpi, meskipun kalau kita melihat kebelakang sejumlah prestasi juga pernah ditorehkan bangsa ini.

Sejarah mencatat bahwa Soeharto dan Orde Barunya telah berhasil dalam berbagai bidang pembangunan seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, kependudukan, perhubungan dan transportasi, stabilitas keamanan, pertumbuhan ekonomi dan penurunan angka kemiskinan dan pengangguran. Prestasi dan keberhasilan tersebut juga diakui oleh dunia internasional. Bahkan FAO yang merupakan badan pangan dunia pernah memberikan penghargaan kepada Presiden Soeharto atas keberhasilannya dalam mencapai swasembada beras pada tahun 1980-an. Program pengembangan pertanian melalui Revolusi Hijau berdampak pada peningkatan hasil pertanian, khususnya padi. Hal inilah yang membuat Indonesia mampu melakukan swasembada beras pada tahun 1979 dan 1985. Pada dua tahun tersebut Indonesia berhasil meningkatkan produksi pangan sampai 49% dan Indonesia berubah dari negara pengimpor beras terbesar menjadi negara pengekspor beras. Demikian pula dengan Bank Dunia yang pernah memuji-muji Indonesia atas tercapainya pertumbuhan ekonomi yang mencapai 7,5% pertahun pada tahun 1980-an awal, sehingga Indonesia mendapat julukan “Macan Asia”.

Dalam bidang tekhnologi kita juga pernah mengalami kemajuan luar biasa ketika Habibie didapuk oleh Presiden Soeharto sebagai Direktur Utama PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio, Habibie sukses meluncurkan uji coba terbang pesawat N250 pada 10 Agustus 1995. Sebelum itu, Habibie juga sangat berperan dalam pengembangan pesawat CN235 dikembangkan sejak 1979 bersama CASSA Spanyol. Pesawat tersebut telah mengalami banyak pengembangan, dan digunakan sejumlah Negara, Habibie juga memimpin pembuatan pesawat untuk Indonesia, pesawat N250 Gatot Kaca mampu melewati Dutch Roll (pesawat yang oleng) berlebihan, ini salah satu bukti karya terbaik putra bangsa.

Dalam bidang politik kita juga telah berhasil melakukan reformasi, dengan dibukanya kran demokrasi, perubahan sistem ketatanegaraan dan lain sebagainya yang merupakan amanat reformasi, begitu juga prestasi dalam bidang olah raga dunia dan lain sebagainya, tetapi sayangnya capaian tersebut saat ini hanya menjadi catatan sejarah karena tidak berkesinambungan bahkan cenderung mengalami kemunduran akibat mis-managemen dalam tata kelola pemerintahan. Krisis moral terjadi pada semua golongan dan lini bangsa, serta melemahnya kemandirian bangsa ditambah lagi sengkaruk korupsi politik yang semakin membuat bangsa ini semakin terpuruk dalam krisis multi-dimensional.

Secara simbolik kita memang telah merdeka tetapi secara substansial kita masih berada dalam cengkeraman oligarki. Karena itu pada momentum peringatan hari kemerdekaan ini perlu dilakukan muhasabah kebangsaan, bangsa ini perlu melakukan introspeksi dan evaluasi terutama terhadap sistem pemilu kita, karena biangkerok dari sejumlah persoalan bangsa ini berawal dari kegagalan dalam pemilu, Kekuasaan oligarki yang mengangkangi kehendak rakyat yang kemudian melahirkan pemimpin yang kurang berkompeten yang hanya tunduk kepada kekuatan oligarki.

Kendatipun demkian sebagai bangsa yang besar kita tidak boleh melupakan sejarah, juga sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan ini dan sebagai umat beragama kita juga wajib mensyukuri kemerdekaan ini, karena merupakan berkah dan Rahmat dari Allah SWT kepada kita Bangsa Indonesia. Dengan semangat kemerdekaan kita terus berjuang dan berkarya demi kemajuan dan kejayaan bangsa, kita harus tetap optimis dan yakin bahwa bangsa kita akan mampu melewati masa-masa sulit ini. Sehingga Ibu Pertiwi berbahagia dan tidak bersedih hati. Selamat Hari Ulang Tahun RI ke-76 Dirgahayu Indonesia 1945-2021 .Wassalam.

*) Dosen Pascasarjana UHAMKA, Anggota Forum Doktor Sospol UI, Direktur Heri Solehudin Center.

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR